Ramadhan, Miras dan Ganja Dimusnahkan

Kompas.com - 29/07/2011, 13:45 WIB
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Menjelang pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan, aparat Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota memusnahkan ratusan kilogram ganja dan ribuan botol minuman keras. Pemusnahan dilaksanakan pada Jumat (29/7/2011) pagi di Polresta Bekasi Kota dengan cara dibakar dengan disaksikan berbagai unsur masyarakat dan Pemerintah Kota Bekasi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Humas Polda Metro Jaya, pemusnahan dilakukan terhadap 422,5 kilogram ganja; 67,5 gram heroin; 75,4 gram sabu; 12 butir ekstasi; dan 6.868 botol minuman keras.

Kepala Satuan Narkoba Polresta Bekasi Kota Komisaris Sangadi mengungkapkan, ganja dan miras tersebut merupakan barang bukti dari hasil razia kejahatan narkotika. "Ini merupakan barang bukti kejahatan narkotika yang berhasil disita kepolisian Kota Bekasi dalam berbagai razia minuman keras dan narkotika," ujar Sangadi, Jumat (29/7/2011).

Pemusnahan barang bukti itu, ujarnya, termasuk sebagai upaya penciptaan kondisi yang kondusif bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa.

Pemusnahan disaksikan beberapa elemen masyarakat dan pemerintah seperti Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Bekasi, Komandan Kodim 0507 Bekasi, Ketua Kejaksaan Negeri Kota Bekasi, Kepala Polresta Bekasi Kota, dan Ketua Front Pembela Islam Kota Bekasi.

Di tempat terpisah, Kepala Biro Operasional Polda Metro Jaya Komisaris Besar Sujarno mengatakan, menjelang bulan Ramadhan, kepolisian selalu menggelar cipta kondisi agar pelaksanaan ibadah berlangsung aman tentram.

"Cipta kondisi dilakukan salah satunya dengan Operasi Kilat Jaya pada 2-14 Agustus," ujar Sujarno.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya, menurut Sujarno, operasi itu akan menargetkan sasaran pada kejahatan di jalanan, premanisme, pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberantasan, petasan, dan minuman keras yang ada di wilayah hukum Polda Metro Jaya seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.