Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gratis, Kemenhub Sediakan Angkutan Motor

Kompas.com - 04/08/2011, 14:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com  - Kementerian Perhubungan akan menyediakan angkutan khusus bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor secara cuma-cuma. Pemerintah akan menyediakan bus dan truk untuk mengangkut para pemudik yang akan pulang kampung menjelang Lebaran mendatang.

Kepala Humas Direktorat Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Joko Sulaksono mengatakan, berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu di mana angkutan dilakukan untuk tujuan Semarang. Tahun ini pelaksanaannya dilakukan untuk tujuan Purwokerto dan Solo.

"Kami menyediakan angkutan untuk pemudik bermotor dengan kapasitas 200 unit sepeda motor dengan rincian 100 unit ke Purwokerto dan 100 unit ke Solo. Sepeda motor diangkut dengan truk, sedangkan pemudiknya akan diangkut dengan bus yang telah disediakan," kata Joko di Jakarta, Kamis (4/8/2011).

Dijelaskannya, angkutan tersebut akan dilakukan pada 23 Agustus mendatang. Sementara masa pendaftarannya adalah tanggal 15-19 Agustus. Pendaftaran dilakukan di lobi gedung Cipta Kementerian Perhubungan pukul 08.00-15.00 wib.

Adapu syarat-syarat yang diberikan adalah motor tidak boleh dimodifikasi atau asesoris tambahan, kaca spion wajib dilepas, helm dibawa oleh pemilik, harus pakai standar tengah, ada pegangan belakang, ukuran roda dan ban sesuai standar pabrik, tidak ada boks di belakang motor, tanki bensin dikosongkan dan akan mendapatkan bensin satu liter saat sampai di tujuan, kunci motor disediakan ke petugas ekspedisi, memiliki SIM dan STNK. "Bagi yang mendaftar, diminta menyerahkan sepeda motor kepada petugas untuk dimuat di atas truk pada hari Senin (22/8/2011) di halaman kantor Perum PPD, Cawang, sekitar pukul 13.00-18.00 wib," tambah Joko.

Dijelaskannya, tempat pengambilan sepeda motor saat sampai di tujuan adalah Kantor Dishub Kota Surakarta dan kantor Terminal Bus Purwokerto. 

Dijelaskan Joko, alasan pihaknya memberikan angkutan gratis hanya ke wilayah jalur selatan yaitu Purwokerto dan Solo, karena untuk jalur utaranya telah ada yang memberikan layanan serupa. PT Astra Honda Motor menyatakan akan memberikan layanan angkutan gratis di jalur utara untuk Kota Semarang dan Yogyakarta.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com