Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Railbus" di Solo Belum Beroperasi

Kompas.com - 04/08/2011, 18:37 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Railbus "Batara Kresna" hingga kini belum beroperasi. Padahal bus yang berjalan di atas rel kereta ini telah diresmikan  oleh Menteri Perhubungan Freddy Numberi sejak 26 Juli lalu.

Menurut Manajer Humas Daop VI PT Kereta Api Eko Budiyanto, ada 99 jembatan pada rute Solo-Wonogiri yang akan dilalui railbus yang tidak mampu menahan beban railbus seberat 11,5 ton. Jembatan hanya mampu menahan beban hingga 8,9 ton.  

Selain itu, belum ada kesepakatan soal tarif railbus antara Pemerintah Kota Solo dan PT KA. PT Kereta Api berencana menetapkan tarif Rp 30.000/orang sedangkan Pemerintah Kota Solo menginginkan tarif Rp 3.000/orang. Sebagai perbandingan, tarif bus angkutan umum Wonogiri-Solo Rp 5.000/orang dan tarif kereta feeder yang sebelum ini melayani rute Solo-Wonogiri bertarif Rp 2.000/orang.  

Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Yosca Herman Soedrajad berharap operasional railbus mendapat dana public service obligation (PSO) dari APBN atau anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengingat rute ini untuk melayani mobilitas warga tiga kota/kabupaten, yakni Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com