Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakalantas, Sudah 14 Korban Tewas

Kompas.com - 21/08/2011, 21:33 WIB

SIDRAP, KOMPAS.com - Memasuki hari ke 21 Ramadhan, tingkat kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, mengalami peningkatan. Dari data yang diperoleh, sebanyak 14 pengendara tewas akibat lakalantas. Angka tersebut muncul dari 100 kasus kecelakaan yang terjadi dalam 21 hari terakhir.

Tingginya angka kecelakaan diantaranya karena faktor masih minimnya tingkat kesadaran warga dalam mematuhi aturan dalam berlalulintas. Hal itu dikatakan Kanit Lakalantas Ipda Sutarno kepada Kompas.com, Minggu (21/8/2011).

Dari beberapa kasus lakalantas yang ditangani Polres Sidrap, paling banyak didominasi pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar, selain tidak adanya kelengkapan surat kendaraan bermotor yang dikendarai para korban.

Meminimalisasi jumlah lakalantas yang mungkin akan terus bertambah, utamanya menjelang Idul Fitri mendatang, kata Sutarno, pihaknya terus menggencarkan sosialisasi yang disertai penegakan aturan.

"Upaya lainnya adalah dengan melakukan sweeping rutin dalam rangka penegakan aturan dalam berlalu lintas. Ini untuk memberi efek jera bagi pelanggar aturan," katanya.

Ditambahkan Sutarno, selain kerugian nyawa pngendara yang tewas akibat lakalantas, kerugian materi juga terjadi yang diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Sementara, jalur yang paling sering terjadi lakalantas dan merenggut nyawa korban, terbanyak terjadi di sepanjang poros Wajo-Parepare, utamanya di Kecamatan Duapitue dan Watang Sidenreng. "Kecelakaan didominasi pengendara bermotor. Angka yang ada masih bisa saja bertambah setidaknya H-7 dan pasca lebaran. Tapi kami akan berupaya menekan angka tersebut dan diharapkan pengendara mobil ataupun motor bisa lebih mawas yang berhati-hati selama berlalulintas," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com