Arus Mudik, Dishub Akan Awasi Terminal

Kompas.com - 23/08/2011, 14:44 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka pengendalian arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1432 H, Dinas Perhubungan DKI Jakarta bersiap untuk mengawasi tiap-tiap terminal di Jakarta. Sekitar 70 hingga 80 personel diturunkan di tiap terminal oleh pihak Dishub DKI.

"Penugasan personel ini tidak hanya dari pusat saja. Sudin wilayah juga ikut bergabung untuk membantu," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono seusai Apel Siaga Pengendalian Arus Mudik dan Arus Balik di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Selasa (23/8/2011).

Dia menjelaskan, untuk jam kerja petugas yang turun di lapangan akan dibagi dalam tiga shift. Shift pertama dari pukul 06.00-14.00, shift kedua dari pukul 14.00-22.00 dan shift terakhir dari pukul 22.00-06.00. "Ini agar tetap petugas tetap dapat bekerja maksimal. Jadinya ada pembagian jam," ujar Pristono.

Petugas nantinya akan disiagakan di empat terminal utama dan sepuluh terminal bantuan. Sementara untuk stasiun kereta api, pihaknya hanya akan berjaga di luar karena untuk stasiun merupakan tanggung jawab dari PT KAI. Dishub sendiri bertugas untuk mempersiapkan kelancaran penyelenggaraan pelayanan angkutan Lebaran, pengawasan tarif, pemeriksaan kelengkapan peralatan tanggap darurat dan informasi pelayanan angkutan Lebaran serta pemeriksaan urine terhadap awak angkutan.

Sebelumnya diberitakan, untuk tahun ini, disediakan empat terminal utama yaitu Terminal Bus Pulo Gadung, Kampung Rambutan, Kali Deres dan Lebak Bulus. Untuk terminal bantuan, disiagakan 10 terminal yakni Terminal Rawamangun, Pinang Ranti, Tanjung Priok, Muara Angke, Rawabuaya, Safari Dharma Raya, Tanah Merdeka, Pasar Minggu dan Jalan Tendean.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.