Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

200 Masinis Ikuti Tes Kesehatan di Jatinegara

Kompas.com - 24/08/2011, 15:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekitar 200 masinis mengikuti tes kesehatan di Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (24/8/2011). Para masinis di tes tingkat tekanan darah, diabetes dan alkohol.

Rahadi selaku General Manager Unit Kesehatan PT KAI mengatakan, semua masinis sebenarnya sudah dinyatakan layak bekerja, namun tes kesehatan kali ini hanya dilakukan untuk memastikan kondisi masinis.

"Tujuannya jelas untuk meyakinkan bahwa masinis dalam kondisi sehat, jadi perjalanannya aman. Ini hanya memastikan mereka siap. Kalau ada yang ketahuan ya tidak dijalankan," kata Rahadi saat ditemui wartawan.

Pemeriksaan general check up pun sudah dilaksanakan sebelumnya dengan mengecek fungsi ginjal, paru-paru dan jantung. Sedangkan khusus hari ini hanya untuk tes alkohol, diabetes dan tekanan darah. PT KAI juga tidak melibatkan pihak Dinas Kesehatan.

"Saya kira dengan internal kereta api sudah cukup, jadi tidak perlu tim medis (Dinas Kesehatan)," ujar Rahadi.

Setiap masinis pun hanya diperkenankan untuk mengemudi selama empat jam. "Jadi kalau ke Cirebon itu sudah biasa empat jam. Tapi kalau ke Surabaya, ya tiga kali ganti (masinis)," kata Humas KAI, Mateta.

Pihak KAI juga mengharapkan bahwa tes kesehatan ini dapat dilakukan terus menerus, mengingat tahun lalu belum ada tes seperti ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com