Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kedatangan SBY, Pengamanan Gambir Ketat

Kompas.com - 26/08/2011, 14:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kondisi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2011), pada H-4 Lebaran ini, mulai menggeliat. Para pemudik tampak mulai memadati Stasiun Gambir sejak pagi.

"Sudah ramai, apalagi ini sudah masuk H-4 Lebaran," kata Junior Manager Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi I Rapino Situmorang ketika ditemui Kompas.com di Stasiun Gambir, Jumat.

Menurut Rapino, hal itu masih wajar karena puncak arus mudik diprediksi akan berlangsung Sabtu (27/8/2011) besok. Namun, mulai H-7 sampai hari ini jumlah penumpang di Stasiun Gambir terus meningkat.

Berdasarkan data dari Posko Humas Stasiun Gambir, jumlah penumpang pada H-7 mencapai 4.349 penumpang, dengan rincian 3.361 penumpang eksekutif dan 988 penumpang bisnis. Untuk H-6, jumlahnya meningkat menjadi 4.935 penumpang, dengan rincian 3.680 penumpang eksekutif dan 1.255 penumpang bisnis.

Pada H-5, jumlah penumpang naik secara signifikan. Jumlah penumpang di Stasiun Gambir mencapai 8.039 penumpang, dengan rincian 5.984 penumpang eksekutif dan 2.055 penumpang bisnis.

Sementara data untuk H-4 atau hari ini, hingga jadwal keberangkatan pukul 11.30, jumlah penumpang mencapai 2.929 orang, dengan rincian 2.246 penumpang eksekutif dan 683 penumpang bisnis.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, para penumpang tampak duduk di pinggir stasiun. Satu loket tampak penuh dengan pemudik yang mengantre tiket kereta Cirebon Ekspress.

Pengamanan pun tampak di beberapa titik di Stasiun Gambir, seperti di dekat pintu masuk. Khusus untuk hari ini, Stasiun Gambir semakin memperketat pengamanan lantaran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan tiba dari perjalanannya dari Tegal, Jawa Tengah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com