Mayoritas Pemudik Keluhkan Sakit Pernafasan

Kompas.com - 26/08/2011, 18:24 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

KARAWANG, KOMPAS.com — Mayoritas pemudik yang mampir di Pos Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang di simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, mengeluhkan sakit infeksi saluran pernafasan akut. Sebagian mampir karena mengalami luka ringan dan sakit kepala.

Salah satu petugas kesehatan pos tersebut, Yanuar, Jumat (26/8/2011), mengatakan, pemudik yang datang ke pos antara lain menderita batuk, pilek, flu, sesak nafas, sakit kepala, dan luka ringan akibat kecelakaan. Mereka adalah pemudik asal kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dari 18 pemudik yang ke sini, 12 orang di antaranya menderita sakit pernafasan, dua luka ringan karena kecelakaan sepeda motor, dan keluhan lain," kata Yanuar.

Pos Kesehatan yang beroperasi sejak tanggal 23 Agustus itu dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan darah, operasi ringan akibat kecelakaan, ambulans, oksigen, dan lainnya.

Seorang dokter dan empat perawat siaga 24 jam selama 14 hari mudik Lebaran. Pos-pos serupa berdiri di 42 titik lain di jalur mudik Kabupaten Karawang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.