Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mayoritas Pemudik Keluhkan Sakit Pernafasan

Kompas.com - 26/08/2011, 18:24 WIB

KARAWANG, KOMPAS.com — Mayoritas pemudik yang mampir di Pos Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang di simpang Jomin, Karawang, Jawa Barat, mengeluhkan sakit infeksi saluran pernafasan akut. Sebagian mampir karena mengalami luka ringan dan sakit kepala.

Salah satu petugas kesehatan pos tersebut, Yanuar, Jumat (26/8/2011), mengatakan, pemudik yang datang ke pos antara lain menderita batuk, pilek, flu, sesak nafas, sakit kepala, dan luka ringan akibat kecelakaan. Mereka adalah pemudik asal kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dari 18 pemudik yang ke sini, 12 orang di antaranya menderita sakit pernafasan, dua luka ringan karena kecelakaan sepeda motor, dan keluhan lain," kata Yanuar.

Pos Kesehatan yang beroperasi sejak tanggal 23 Agustus itu dilengkapi dengan fasilitas pemeriksaan darah, operasi ringan akibat kecelakaan, ambulans, oksigen, dan lainnya.

Seorang dokter dan empat perawat siaga 24 jam selama 14 hari mudik Lebaran. Pos-pos serupa berdiri di 42 titik lain di jalur mudik Kabupaten Karawang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com