Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik dengan Bus Menurun

Kompas.com - 27/08/2011, 03:41 WIB

jakarta, kompas - Jumlah pemudik Lebaran yang memilih moda bus tercatat terus berkurang setiap tahunnya. Penyebabnya, antara lain, kemudahan membeli sepeda motor dan maraknya mudik bersama secara gratis yang diadakan perusahaan ataupun kelompok. Di sisi lain, jumlah penumpang pesawat semakin bertambah.

”Jika dibandingkan dengan pengangkutan reguler, memang ada peningkatan jumlah penumpang. Namun, kalau dibandingkan dengan tahun lalu, saat ini jumlah pemudik yang menggunakan bus berkurang,” kata Kepala Terminal Kalideres Hengki Sitorus, Jumat (26/8).

Data dari terminal itu menunjukkan bahwa saat puncak arus mudik tahun 2009, ada 16.255 orang yang diberangkatkan dengan 698 unit bus. Setahun kemudian, pemudik terbanyak ”hanya” 10.562 orang dengan 592 unit bus. Di Terminal Pulo Gadung, jumlah penumpang yang berangkat pada H-5 Lebaran tahun 2010 sebanyak 4.700 orang, sedangkan pada tahun ini 4.081 penumpang.

Berkurangnya pengguna bus ini menyebabkan lima perusahaan otobus (PO) yang ada di Terminal Kalideres tidak lagi mengambil penumpang dan membuka loket di sana. ”Mereka tidak sanggup membayar retribusi karena tidak ada penumpang. Itu terjadi sepanjang 2010 hingga pertengahan 2011 ini,” kata Hengki.

Petugas loket PO Putra Sulung, Herman (51), menduga, berkurangnya jumlah penumpang bus disebabkan semakin maraknya acara mudik bersama dengan harga murah, bahkan gratis. ”Seharusnya pengelola acara seperti itu bekerja sama dengan perusahaan bus yang selama ini melayani trayek tujuan mudik. Kalau tidak, PO semakin sulit bertahan,” ujarnya.

Kepala Terminal Kampung Rambutan Dwi Basuki mengatakan, masyarakat saat ini cenderung memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi. Oleh karena itu, bus semakin tidak diminati.

Memilih sepeda motor

Banyak pemudik dengan moda bus yang juga berpindah ke sepeda motor. Dikdik (42), misalnya, tahun ini mudik dari Bandung ke kampungnya di Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, menggunakan sepeda motor. Alasannya, ia kapok berdesak-desakan dalam kendaraan umum saat mudik dan balik. ”Sekarang saya sudah bisa mencicil motor. Jadi, daripada repot, lebih baik naik motor. Lebih irit dan cepat sampai,” katanya.

Pemudik lain dengan tujuan Madura, Ridho (27), mengaku terpaksa saat memutuskan menumpang bus. Menurut dia, naik bus sangat tidak nyaman karena harus berdesak-desakan dan jenuh ketika menunggu keberangkatan bus. ”Kalau punya, saya lebih baik pulang ke Madura naik motor,” ujarnya.

Pesawat paling diminati

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com