Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Ada Peralatan e-KTP Belum Tiba

Kompas.com - 27/09/2011, 16:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Hampir dua bulan program kartu tanda penduduk elektronik (e-ktp) berjalan, tetapi ternyata masih ada perangkat yang belum tiba di kelurahan-kelurahan. Jakarta Barat, misalnya, hingga Selasa (27/9/2011), baru menerima 113 perangkat dari total 151 alat yang dijanjikan.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Barat Ahmad Fauzi mengatakan, ketersediaan alat dalam jumlah memadai sangat diperlukan untuk melayani masyarakat yang semakin antusias membuat e-ktp.

"Dari 151 unit, baru 113 unit yang datang. Unit mobile belum satu pun diterima, padahal dijanjikan tiga unit," kata Fauzi.

Di Kelurahan Kapuk misalnya, dijanjikan 7 perangkat pembuatan e-ktp karena jumlah warga yang dilayani banyak. Namun, baru 2 alat yang tiba dan dioperasikan. Begitu juga di Kelurahan Duri Kosambi, baru 2 alat yang diterima dari 5 perangkat yang dijanjikan.

Di Jakarta Selatan juga terjadi hal serupa. "Di Pejaten Timur baru 2 perangkat dari 4 perangkat yang dijanjikan. Di Kebayoran Lama Selatan malah baru satu perangkat yang ada," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Selatan Warisih.

Sementara itu, hingga hari ini belum satupun perangkat e-ktp mobile yang diterima oleh wilayah Jakarta Selatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com