Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemarau, Taman Kota Banyak Kering

Kompas.com - 18/10/2011, 19:35 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Kemarau panjang mengakibatkan beberapa taman kota di Kota Tangerang, Banten, kering. Rumput dan pepohonan kering dan mati karena kurangnya pasokan air.

Menurut pengamatan Kompas, Selasa (18/10/2011), sejumlah tanaman, seperti rumput gajah yang baru beberapa bulan ditanam di Jalan Perintis Kemardekaan, depan Kantor Pokja Wartawan Tangerang, median sepanjang Jalan TMP Taruna, dan taman sekitar kawasan depan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Wanita Tangerang kekeringan.

Kondisi ini mendapat kritikan dari anggota Komisi I DPRD Kota Tangerang, Rahmat Hakim. "Rasa kepedulian Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota dengan taman kota yang mengering sudah berkurang. Banyaknya tanaman yang mengalami kekeringan dan mati karena mereka tidak merawat dan memelihara tanaman-tanaman tersebut," jelas Rahmat.

Menurut Rahmat, setiap tahun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) mengucurkan dana perawatan dan pemeliharaan tanaman dan kawasan hijau.

"Ini tidak bisa dibiarkan. Anggaran ada. Seharusnya instansi yang bersangkutan harus segera bertindak agar kekeringan kawasan hijau tidak semakin meluas," papar Rahmat.

Ia mengatakan, seharusnya dinas terkait tak menunggu turun hujan untuk menyirami seluruh tanaman di kawasan hijau. Sebelum datangnya musim hujan, ungkap Rahmat, instansi yang bertanggung jawab harusnya merawat dan memelihara tanaman di taman kota itu.

Kepala Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Kota Tangerang, Karsidi, saat dihubungi wartawan belum mau berkomentar dengan alasan tak sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com