Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sedan dan "Hatchback" Bakal Langka Mulai November

Kompas.com - 31/10/2011, 08:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Banjir Thailand tak hanya membuat susah warga dan industri otomotif di negara tersebut. Konsumen mobil di Indonesia juga jadi susah karena tidak mudah mendapatkan model-model yang dirakit di negara tersebut. Penyebabnya, pabriknya di Negeri Gajah Putih tidak bisa berproduksi. Paling banyak adalah model sedan dan hacthback kecil dan kompak.

Merek dan model asal Thailand yang dipasarkan APM di Indonesia, untuk Toyota: Vios, Corolla Camry dan Yaris dipasok secara utuh (CBU). Honda: City, Civic dan Accord. Lainnya, Mazda2 dan Ford Fiesta.

Sudirman Maman Rusdi, Ketua Umum Gaikindo mengatakan, pada September saja  penjualan mobil impor 7.000-8.000 unit. Sekitar 6.000 unitnya dari Thailand. "Dipastikan pasokan CBU (Thailand) akan berkurang setelah Oktober. Bulan ini masih ada stok karena dirikim sebelum banjir terjadi," jelas Sudirman kepada KOMPAS.com, Minggu (30/10) malam.

Menciutnya stok juga sudah dirasakan Auto2000, dealer utama terbesar Toyota di Indonesia. Chief Executive Officer Auto2000, Jodjana Jody menjelaskan, saat ini semua model Toyota masih inden. "Rata-rata inden kami (Auto 2000) hanya 0,15 bulan, atau 4 sampai 5 hari saja. Kini, kondisi di Thailand masih belum pasti. Sama saja nggak ada barang," tegasnya.

Sebulan Menurut Sudirman yang juga Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor, diperlukan waktu sekitar sekitar satu bulan untuk memperbaiki pabrik yang direndam banjir seperti yang dialami Honda Automomobile Thailand di Ayutthaya. Di Indonesia, Daihatsu pernah kebanjiran setinggi 40 cm yang meredama peralatan pabrik.

"Waktu itu kami cuma butuh dua pekan untuk kembali beroperasi. Kondisinya ada yang lebih parah dari Thailand nmun dapat diperbaiki," tutup Sudirman.

Jika melihat penjelasan ini, maka bisa diperkirakan mobil CBU Thailand baru bisa mulai normal paling cepat Desember 2011 atau Januari 2012.

Sebenarnya, bukan hanya sedan dan sebagai hatchback yang diimport dari Thailand, juga pikap single dan dobel kabin sampai beberapa SUV.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com