Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bau Tak Sedap Menyerang Korban Banjir

Kompas.com - 06/11/2011, 19:24 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Banjir yang melanda Kampung Pulo, Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan, menyisakan bau tak sedap bagi warga. Selain sampah dan lumpur, bau kotoran manusia kini  juga mengganggu lingkungan sekitar.

Ketua RT 11 RW 03 Kampung Pulo, Sugiyono, menduga bau tak sedap itu berasal dari tumpukan sampah yang belum sempat dibersihkan warga setelah sepekan penuh kawasan itu terendam luberan air Kali Krukut. "Saya kira bukan karena warga buang air sembarangan," katanya.

Sugiyono juga menampik penyebab bau berasal dari lubang-lubang pembuangan di rumah warga. Walau demikian, ia mengakui sebagian warga yang umumnya anak-anak saat ini menderita diare.

Kusnadi, warga RT 11, menduga penyebabnya dari sampah pemotongan hewan kurban yang belum dibersihkan seluruhnya. "Kayaknya dari sisa-sisa daging kambing yang terbuang," ujarnya.

Warga sekitar umumnya sudah terbiasa dengan bau tersebut. Karena itu, beberapa orang yang sempat ditanyai tentang bau tak sedap umumnya menyatakan sumbernya dari endapan lumpur yang terbawa banjir. Namun, beberapa orang yang berkunjung ke permukiman korban bisa merasakan bau seperti bau kotoran manusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com