Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Rusa Monas Dipindahkan

Kompas.com - 15/11/2011, 10:57 WIB
D. Wisnu Widiantoro

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebanyak 9 dari 59 rusa yang terdapat di Kawasan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, akan dipindahkan ke Kebun Binatang Ragunan, Selasa (15/11/2011). Pemindahan itu untuk mengurangi populasi rusa yang hidup di kawasan tersebut.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Kebun Binatang Ragunan, Enny Pudjiwati, yang hadir di Monas, pagi ini. "Targetnya 11, Sabtu kemarin sudah dua dievakuasi, tinggal sembilan," ujarnya.

Saat ini tim evakuasi rusa dari Kebun Binatang Ragunan sudah tiba di Monas. Mereka terdiri dari 9 orang dan menyiapkan 2 mobil bak yang digunakan untuk mengangkut kandang rusa. Dua kandang yang disiapkan itu maksimal bisa untuk mengangkut 8 rusa.

Untuk menangkap rusa-rusa liar itu, petugas dari Ragunan telah menyiapkan 4 anak peluru supit yang telah diisi dengan obat bius. "Ya memang penangkapannya dilakukan dengan membius, tapi harus hati-hati agar rusa tidak stres," ujar Enny. "Setelah sadar dari obat bius, nanti baru diangkut dengan mobil," lanjutnya.

Saat ini petugas sudah melepaskan tiga anak peluru bius dan tinggal menunggu rusa pingsan. Adapun 2 mobil sudah masuk ke kawasan kandang rusa Monas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com