Forum Buruh DKI Jakarta Tuntut Kenaikan UMP

Kompas.com - 16/11/2011, 16:14 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com - Forum Buruh DKI Jakarta kembali menuntut kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2012 kepada Gubernur DKI Jakarta menjadi Rp 1.529.150. Karena dengan UMP yang saat ini, banyak pekerja kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

"Dengan UMP yang sekarang saja, pekerja lajang susah memenuhi kebutuhan hidup. Apalagi yang sudah berkeluarga pasti akan lebih susah," kata Juru Bicara Forum Buruh DKI Jakarta, Muhamad Rusdi, di Balai Kota, Jakarta, Rabu (16/11/2011).

Kendati demikian, ia mengaku angka Rp 1.529.150 masih jauh dari angka Kebutuhan Hidup Layak (KHL) ideal. Hal ini dikarenakan angka survei KHL di bulan September saja telah mencapai angka Rp 1.574.679. Bahkan jika dihitung melalu metode regresi atau analisis kecenderungan hingga bulan Desember 2011, angka KHL mencapai Rp 1.628.000.

"Bahkan di Depok dan Bekasi saja UMP lebih tinggi daripada Jakarta. Padahal standar hidup Jakarta lebih tinggi daripada Depok dan Bekasi," ujar Rusdi.

Ia mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan mogok massal jika UMP ditetapkan di bawah KHL. Beberapa lokasi yang akan digunakan untuk gerakan mogok massal ini adalah Kawasan Industri di KBN Cakung, Cilincing, dan Pulogadung. Kemudian Pusat Niaga dan Bisnis Sudirman, Thamrin dan Kuningan. Selanjutnya sarana transportasi umum seperti Busway, KRL, Jalan Tol dan Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selama ini tuntutan kami tidak pernah ditanggapi. Saat ini UMP hanya Rp 1.290.000. Wajar kami minta kenaikan," tandasnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X