Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komnas HAM-DKI Bicarakan Nasib Korban Banjir

Kompas.com - 02/12/2011, 14:28 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisi Nasional Hak Asasi Manusia berencana mengadakan pertemuan dengan pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk membicarakan nasib warga korban banjir Kampung Pulo, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Pertemuan ini dijadwalkan berlangsung di Kantor Komnas HAM, Jalan Latuharhary 4B, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (2/12/2011) pukul 14.00.

"Rencana awalnya pukul 10.00, tetapi dari pihak Pemprov katanya bisa jam sehabis shalat Jumat," kata salah seorang staf Subkomisi Mediasi Komnas HAM kepada Kompas.com.

Dia juga menjelaskan, pertemuan itu sebenarnya menghadirkan pula perwakilan Korps Marinir TNI AL. Namun, pihak Marinir sendiri telah mendatangi Komnas HAM pada Kamis (1/12/2011) kemarin dan mengonfirmasikan pihaknya berhalangan hadir dalam pertemuan hari ini.

Komnas HAM berupaya memediasi pertemuan antara para pihak terkait banjir yang melanda permukiman warga Kampung Pulo setelah pihak warga secara resmi mengadukan persoalan mereka pada Senin (21/11/2011) lalu. Saat itu, warga diterima dua komisioner, Syafrudin Ngulma Simeuleu dan Kabul Supriyadhie. Keduanya menjanjikan akan meninjau langsung ke lokasi banjir dan memediasi pertemuan dengan pihak Marinir dan Pemprov DKI.

Langkah awal yang ditindaklanjuti keesokan harinya, Selasa (22/11/2011). Bersama sejumlah staf Subkomisi Mediasi, Syafrudin N Simeuleu langsung meninjau lokasi banjir. Saat itu, dia menggambarkan permukiman warga seperti rumah-rumah apung lantaran selalu digenangi air luberan Kali Krukut. Syafrudin saat itu meminta pihak Pemerintah Jakarta dan Marinir untuk secepatnya menuntaskan normalisasi aliran Kali Krukut sebagai solusi untuk mengatasi banjir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com