Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Pangudi Luhur Jalani Rekonstruksi Terpisah

Kompas.com - 11/12/2011, 20:41 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah siswa SMA Pangudi Luhur yang menjadi saksi kasus pembunuhan Raafi Aga Winasya Benjamin (17), menjalani rekonstruksi terpisah dari para tersangka di tempat hiburan Shy Rooftop, Kemang, Jakarta Selatan, pada Minggu (11/12/2011) sore ini. Hal itu disampaikan kuasa hukum Pangudi Luhur, Mahendradatta, saat dihubungi wartawan.

"Tadi anak-anak sudah melakukan rekonstruksi sendiri di Shy Rooftop terkait kasus Raafi. Dari pukul 15.00-17.30 kurang lebih 2,5 jam," kata Mahendradatta.

Ia mengatakan, rekonstruksi dilakukan terpisah tanpa kehadiran para tersangka ini sengaja agar tidak terjadi bentrokan dengan para pelaku.

"Selain itu, untuk menjaga keselamatan mereka karena anak-anak ini ada di bawah umur," papar Mahendradatta.

Selama menjalani rekonstruksi, para siswa PL ini juga terus didampingi petugas Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Metro Jakarta Selatan. Dalam rekonstruksi itu, para siswa menceritakan dan memposisikan diri sama seperti malam pembunuhan Raafi.

Sebelumnya, pada pukul 09.30 pagi tadi, aparat kepolisian yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Selatan, dan Polsek Metro Mampang Prapatan sudah terlebih dulu menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan Raafi di cafe Shy Rooftop, Kemang, Jakarta Selatan. Tujuh orang tersangka hadir di lokasi yakni Febriawan, Martoga, Helmi, Robie Hatim, Abel, Connie, dan Fajar.

Dalam rekonstruksi itu diketahui bahwa oknum TNI berinisial San menerima sebuah pisau lipat dari seseorang yang tak diketahui identitasnya. Pisau itu lalu disimpan di bawah jok depan mobil Toyota Fortuner warna hitam B 510 OD milik tersangka lainnya yakni Robie Hatim.

Selain itu, rekonstruksi juga dilakukan di rumah Febri di Kompleks Pesona Khayangan, Depok, Jawa Barat. Rekonstruksi di rumah Febri menggambarkan pertemuan antara Febri, Connie, Abel, Martoga, Robie, dan teman Robie usai peristiwa penusukan Raafi terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com