Pohon Natal di Santo Lukas Gunakan 10.000 Botol Plastik

Kompas.com - 24/12/2011, 20:06 WIB
Penulis Harry Susilo
|
EditorAgus Mulyadi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan mengusung tema Go Green, panitia perayaan Natal Gereja Santo Lukas, Sunter, Jakarta Utara menghiasi gereja dengan pohon dan hiasan Natal dari sampah plastik.

Terdapat sekitar 10.000 sampah botol dan gelas air mineral, yang digunakan untuk membuat pohon dan hiasan. Pohon dan hiasan Natal dari sampah plastik tersebut, tetap terlihat indah dengan kerlap-kerlip lampu saat umat Katolik melaksanakan misa pada malam Natal di Gereja St Lukas, Sabtu (24/12/2011) ini.

Terdapat pula satu pohon Natal besar setinggi 3,5 meter dan 12 pohon hiasan yang lebih kecil.

Ketua panitia Perayaan Natal 2011 Paroki Santo Lukas, Untung Soetjipto, mengatakan, tema Go Green diusung dalam perayaan Natal kali ini, untuk menumbuhkan kesadaran lingkungan kepada umat.

"Selama ini kita tidak sadar dengan kondisi lingkungan kita yang sudah rusak. Sampah di mana-mana. Kami ingin menyampaikan kepada umat agar mau menjaga lingkungan di sekitar kita," ucap Untung.

Tema Go Green dari Gereja Santo Lukas ini, sesuai dengan apa yang dicanangkan Keuskupan Agung Jakarta terkait perayaan Natal 2011, yakni Mari Berbagi, Kesederhanaan, dan Lingkungan.

Misa pada malam Natal di Santo Lukas ini dipenuhi umat dan berlangsung khidmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.