Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Angkot di Depok Diberi Seragam

Kompas.com - 30/12/2011, 13:45 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Dinas Perhubungan Kota Depok memberikan seragam kepada sopir angkutan umum di kotanya. Hal itu merupakan usaha yang dilakukan untuk memberikan kenyamanan serta keamanan bagi para penumpang.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dindin Zaenudin mengatakan, untuk saat ini, pihaknya menyeragamkan 171 armada dengan empat lintasan angkutan umum yang beroperasi di wilayah Kota Depok, yaitu D-09 jurusan Kampung Sawah-Terminal Depok, 129 jurusan Kampung Rambutan-Terminal Depok, D-10 jurusan Kampung Sawah-Terminal Depok, dan D-08 jurusan Kalimulya-Cilodong.

"Sisanya, sesuai dengan komitmen, kami akan maksimal bulan Agustus semuanya. Ini dilakukan untuk mengetahui kedisplinan dan meminimalisasi tindak kejahatan di angkutan umum," ujarnya saat ditemui dalam acara pemberian seragam kepada sopir angkuta umum di halaman gedung Unit Pelayanan Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPT PKB) Kota Depok, Jumat (30/12/2011).

Dindin mengatakan, pemberian seragam tersebut tidak ada kaitan langsung terhadap kejadian pemerkosaan di dalam angkutan umum di wilayah Depok yang terjadi beberapa waktu lalu. "Tidak ada hubungannya dengan pemerkosaan, kejadian tersebut hanya motivasi bagi kami saja. Ini memang merupakan program dari kami," katanya.

Menurut Dindin, pihaknya akan menindak sesuai dengan prosedur jika ada sopir yang membandel. "Sanksi peringatan satu dua dan tiga. Kalau masih melanggar, dlihat dari jenis pelanggaran. Kalau berat, bisa dicabut izin trayeknya," kata Dindin dengan tegas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com