Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Siap Hadapi Banjir 2012

Kompas.com - 03/01/2012, 18:16 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Meski hujan turun tiap hari, kondisi Jakarta masih terpantau aman dari bencana banjir yang diprediksi akan kembali datang. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Arfan Arkili, mengatakan bahwa Jakarta siap untuk menghadapi banjir.

"Dengan segala persiapan yang sudah dilakukan untuk menghadapi banjir, intinya Jakarta siap," kata Arfan, di Jakarta, Selasa (3/1/2012).

Setiap kelurahan yang ada di 62 titik lokasi rawan genangan sudah siap untuk mengantisipasi banjir. Bahkan beberapa titik yang dulu sering banjir, seperti kawasan Kelapa Gading dan Duren Sawit, saat ini dapat dikatakan sudah terbilang aman dari banjir.

Mengenai lokasi yang paling rawan terhadap banjir, Arfan mengungkapkan bahwa kondisi masing-masing lokasi beragam dan respons warga juga bermacam-macam sehingga tidak dapat ditentukan lokasi paling rawan di Jakarta.

"Saya tidak bisa mengatakan mana yang paling rentan karena semua bergantung pada warga dan kondisi lingkungannya," ujar Arfan.

Ia memberikan contoh seperti di Bukit Duri, jika tinggi muka air di Katulampa sudah Siaga III maka 12 jam kemudian Bukit Duri sudah banjir setinggi betis orang dewasa. Namun, biasanya warga di kawasan tersebut sudah dapat mandiri dan paham langkah apa yang harus diambil.

"Di Bukit Duri, banjir setinggi 1 meter, warga masih bilang aman. Coba kalau misalnya di Pondok Indah, banjir belum sampai 1 meter saja, warga pasti sudah teriak-teriak," ungkapnya.

"Terkadang ada juga daerah yang Siaga III sudah tergenang. Tapi ada pula yang Siaga I sudah tergenang. Intinya, Jakarta sudah siap," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pemprov DKI juga berupaya mengatasi genangan di ruas-ruas jalan yang berjumlah 123 titik. Pada tahun 2010 sudah diselesaikan 39 titik genangan dan pada tahun ini tengah dilaksanakan, agar 84 titik genangan bisa dituntaskan. Dan, saat ini tinggal tersisa 62 titik genangan di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com