Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pohon Tumbang Timpa Rumah Pak RW

Kompas.com - 05/01/2012, 16:11 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS. com — Hujan disertai angin kencang yang melanda sebagian besar kota Jakarta menyebabkan banyak pohon yang tumbang. Seperti yang menimpa rumah Iwan Setiawan (66), warga Jalan Pembangunan 1 Nomor 66 RT 09 RW 01, Kecamatan Gambir, Kelurahan Petojo Utara, Jakarta Pusat.

Atap teras depan miliknya rusak setelah pohon mangga sepanjang 12 meter menimpanya. Saat kejadian, Iwan yang sekaligus ketua RW setempat serta enam anggota keluarganya tengah berkumpul di dalam rumah karena hujan sangat deras.

"Pas ujan gede, angin lagi gede-gedenya, tiba-tiba roboh gitu aja," ujarnya. Atap teras depan rumah yang telah dihuninya sejak tahun 1960-an tersebut pun rusak. Genteng-genteng pecah serta kayu penyangga patah.

Tak hanya atap teras, atap ruang tamunya juga jeblos akibat tertimpa dahan. Menurut beberapa warga yang berada di lokasi, bunyi pohon tumbang tersebut terdengar dari jarak 1 km dari tempat kejadian.

Akibat insiden tersebut, Iwan mengatakan menderita kerugian jutaan rupiah. "Ya kurang lebih Rp 10 jutaan lah," ujarnya pasrah.

Tak hanya menimpa rumah Iwan, pohon yang telah berada sejak 20 tahun lalu itu juga menyebabkan kabel listrik putus. Seketika aliran listrik di wilayah tersebut pun padam.

Sang anak, Andri (33), menambahkan, ketika hujan disertai angin kencang selama 30 menit terjadi, genteng-genteng dan asbes beberapa rumah tetangganya turut beterbangan. Beruntung tak ada korban jiwa dari peristiwa tersebut. Padahal, Andri melanjutkan, dua hari yang lalu, warga sempat memangkas pohon tua tersebut.

"Dua hari lalu sebelumnya sudah ditebang dahannya, kalau enggak pasti nimpa banyak," tambahnya.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, hingga pukul 15.55 WIB, pohon masih melintang di tengah jalan Pembaruan 1. Warga sekitar tampak membantu memotong dan menyingkirkan pohon tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com