Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hujan, Pohon Trembesi SBY Pun Tumbang

Kompas.com - 05/01/2012, 16:28 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Hujan lebat yang mengguyur Jakarta, Kamis (5/1/2012) sore, tak hanya menumbangkan pepohonan di jalan protokol dan pekarangan rumah warga. Pohon-pohon yang berada di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pun bertumbangan. Tak terkecuali pohon trembesi yang ditanam Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di halaman tengah di antara Istana Negara dan Istana Merdeka pada pertengahan tahun 2010 lalu.

Pohon trembesi tumbang sekitar pukul 14.00. Sontak saja, belasan petugas kebun Istana Kepresidenan menuju ke lokasi dan berusaha menanamkannya lagi. Di bawah hujan yang deras, para petugas tampak kesulitan menegakkan kembali pohon trembesi yang telah tumbang. Ketika pohon trembesi tumbang, Presiden tengah memimpin Sidang Kabinet Paripurna yang dihadiri jajaran anggota Kabinet Indonesia Bersatu II di Kantor Presiden.

Sekitar dua jam berlalu, pohon tersebut tak kunjung tegak berdiri. Hingga berita ini diturunkan, para petugas masih sibuk menanam pohon trembesi yang tumbang. Penanaman pohon trembesi ini dilakukan sebagai pengganti pemotongan satu cabang pohon trembesi yang telah berada di Kompleks Istana Kepresidenan sejak puluhan tahun silam.

Saat itu, tak hanya Presiden, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono juga menanam pohon trembesi pada saat yang bersamaan. Turut hadir mendampingi Presiden, Ibu Negara, Wapres, dan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com