Lebak Masih Terendam

Kompas.com - 15/01/2012, 10:18 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

LEBAK, KOMPAS.com - Banjir yang melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (14/1/2012) hingga Minggu (15/1/2012) belum juga surut. Hujan masih turun di wilayah tersebut.

Warga korban banjur juga masih tinggal di tempat-tempat penampungan. Sejumlah sungai di Rangkasbitung terlihat meluap dan dipastikan debit air sungai naik ke pemukiman penduduk karena curah hujan di kawasan hulu sungai cukup tinggi, yaitu luapan Sungai Ciujung, Ciberang, Cisimeut dan Ciujung yang melintasi Kota Rangkasbitung.

"Kami belum bisa pulang ke rumah karena masih tergenang air banjir setinggi dua meter," kata Endang, warga Kalimati Kelurahan Muara Ciujung Barat, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Minggu.

Endang mengaku, dia dan keluarganya sampai hari ini tetap bertahan di penampungan yang disediakan pemerintah daerah di Gedung Juang. Apalagi, hujan hingga kini masih turun dengan kapasitas sedang. Selama ini, kata dia, curah hujan cukup tinggi dan tak henti-henti sejak pagi hingga malam sehingga sejumlah sungai di Rangkasbitung meluap.

"Kami berharap banjir tidak berlangsung lama, terlebih tinggal di pengungsian dan berpotensi terserang penyakit," ujarnya.

Ani, warga Lebaksaninten, Kecamatan Rangkasbitung, mengaku rumahnya juga tergenang banjir setinggi dua meter karena lokasi hanya beberapa meter dari Sungai Ciberang.

"Kami tinggal di pengungsian hanya pakaian di badan saja, karena barang-barang perabotan rumah tangga tidak bisa diselamatkan dan terendam banjir," ujar Ani di penampungan warga di Gedung Juang.

Menurut dia, banjir pada awal 2012 yang menimpa warga Rangkasbitung ini cukup besar dibandingkan banjir 2011 lalu. Tahun ini, kata dia, ketinggian air mencapai dua meter sehingga warga yang tinggal di daerah aliran sungai terpaksa harus mengungsi ke tempat lebih aman.

"Kami berani pulang ke rumah jika banjir sudah surut karena khawatir terjadi banjir susulan," katanya.

Berdasarkan keterangan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, banjir melanda sembilan kecamatan adalah Kecamatan Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar, Cileles, Cimarga, Leuwidamar, Wanasalam, Banjarsasri, dan Cijaku.

"Dari sembilan kecamatan itu diperkirakan antara 3.000 sampai 4.000 rumah terendam banjir," kata Kepala BPBD Muklis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.