Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktor Senior Syok Tragedi Xenia Seret Putrinya

Kompas.com - 24/01/2012, 11:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Nana Suryana Fatah, aktor senior yang sering memerankan sosok beraroma etnis China dalam berbagai film dan iklan, terbawa-bawa dalam kasus kecelakaan maut mobil Xenia di Jakarta, Minggu lalu.

Dalam kejadian yang merenggut nyawa 9 orang itu, Adistina Putri Grani (25), putri Nana, berada di dalam mobil bersama sopir, Apriani Susanti (29), dan dua teman pria mereka. Sang ayah kian berat karena rombongan penabrak dinyatakan polisi positif mengonsumsi narkoba.

Tetangga dan keluarga memanggil Adistina Putri Grani dengan sapaan Disty. Saat Tribunnews.com mendatangi kediamannya di bilangan, Slipi, Jakarta Barat, Senin (23/1/2012), rumah ini dalam keadaan kosong.

Seorang tetangga Nana mengatakan, Nana berikut keluarga tidak berada di rumah sejak mengetahui anggota kelaurga mereka, Disty, terlibat kasus kecelakaan di kawasan Tugu Tani, Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat.

Dan, sejak mengetahui peristiwa itu, Nana, ayah Disty, syok. "Saya tahunya dari anak-anaknya Nana yang datang ke rumah tadi pagi mengambil pakaian. Kata mereka Pak Nana syok. Sejak kemarin, dia, ibu, dan adik-adiknya berada di kantor kepolisian. Kalau Pak Nana orang Bandung," ujar seorang warga, tetangga Nana.

Seperti diberitakan sebelumnya, mobil Xenia hitam yang dikemudikan Apriani Susanti (29) menabrak 12 orang pejalan di kawasan Tugu Tani, Minggu siang pukul 11.10 WIB. Sembilan orang tewas, dan empat lainnya luka-luka. Saat kejadian, mobil ditumpangi empat orang. Sopir dan tiga rekannya, Arisendi (34), Denny Mulyana (30), dan Adistina Putri Grani (25).

Sejak kemarin, polisi menetapkan sang sopir sebagai tersangka karena menabrak orang lain dan meninggalkan luka-luka atau meningal. Kemudian, keempatnya, ditetapkan pula sebagai tersangka atas dugaan penyahlagunaan atau mengonsumsi narkoba.

Berdasarkan penelusuran Tribunnews, Adistina atau akrab dipanggil Desty ini ternyata cucu dari grup komedian ternama asal Bandung, De' Kabayan's, Suryana Fatah. De' Kabayan's beranggotakan Kang Ibing, Suryana Fatah, Wawa Sofyan, Ujang, dan Aom Kusman.

Dari kelima pelawak itu, dua orang menggunakan nama panggung sesuai nama aslinya. Tapi tidak tiga lainnya. Salah satunya adalah Suryana Fatah yang sering ditulis Patah dam dipanggil Ho Liang.

Desty adalah cucu Suryana Fatah dari anaknya, Nana Suryana Fatah. Pada eranya, Suryana memberi warna bagi De' Kabayan's karena berpenampilan khas sebagai orang Tionghoa. Sementara Wawa sebagai orang Jawa bernama Mas Sastro dan Kang Ibing dengan nama Kang Maman, orang Sunda tulen.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com