Polda Periksa Tujuh Saksi "Xenia Maut"

Kompas.com - 24/01/2012, 11:58 WIB
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Penyidik Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) memeriksa tujuh saksi terkait peristiwa kecelakaan mobil yang menewaskan sembilan pejalan kaki di Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Minggu (22/1/2012).

"Sebanyak empat saksi dari warga sekitar dan tiga saksi merupakan teman tersangka (sopir) yang berada di dalam mobil," ujar Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono di Jakarta, Selasa (24/1/2012).

Komisaris Besar Wahyono mengatakan, jumlah saksi yang dimintai keterangan masih bisa bertambah dan tergantung informasi yang dibutuhkan penyidik.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, penyidik menetapkan pengemudi, Afriyani Susanti (29), yang menjadi tersangka terkait kecelakaannya, sedangkan tiga temannya masih berstatus saksi.

Wahyono menuturkan, petugas juga akan memproses secara hukum terhadap tersangka yang diduga tidak memiliki surat izin mengemudi (SIM).

Wahyono menegaskan, pengemudi yang tidak memiliki SIM melanggar Undang-Undang Lalu Lintas sehingga dapat diproses lebih lanjut.

Perwira menengah kepolisian itu menambahkan, penyidik juga sedang mendalami kemungkinan tiga penumpang sebagai tersangka karena ada faktor membiarkan pengemudi yang tidak memiliki SIM mengemudikan kendaraan.

Seperti diberitakan, sebuah mobil Daihatsu Xenia bernomor polisi B-2479-XI sekitar pukul 11.00 menabrak sejumlah pejalan kaki hingga menewaskan sembilan orang dan melukai tiga orang lainnya di Jalan Ridwan Rais, Tugu Tani, Jakarta Pusat, Minggu.

Petugas menduga, keempat penumpang mobil mengonsumsi narkoba sebelum terjadi peristiwa naas tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.