Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak-anak Korban Kebakaran Dapat Seragam Sekolah Gratis

Kompas.com - 09/02/2012, 04:21 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo menjamin anak-anak korban kebakaran di Jalan Lautze akan mendapat bantuan seragam sekolah gratis, mengingat hampir sebagian besar korban kebakaran ini kehilangan sandang dan papan.

"Seragam sekolah dan tas sekolah untuk anak-anak korban ini harus diberikan cuma-cuma," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Jakarta, Rabu (8/2/2012).

Ia menambahkan, pihak swasta sudah menyediakan sejumlah tas sekolah untuk anak-anak korban kebakaran ini. Ada pula yang bersedia memberikan bantuan berupa seragam sekolah.

Selanjutnya, demi kelancaran pemberian bantuan, Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Kian Kelana mengatakan, saat ini tengah dilakukan pendataan siswa sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA yang menjadi korban kebakaran.

"Akibat kebakaran tersebut, banyak seragam sekolah anak-anak yang terbakar hangus. Untuk itu, kami ingin berikan bantuan seragam sekolah kepada mereka sehingga bisa bersekolah dengan seragam baru," ujar Kian.

Tidak hanya itu, Dinas Sosial DKI Jakarta juga telah menurunkan satu kompi dapur umum untuk menyiapkan kebutuhan makan dan minum sebanyak 4.500 boks nasi setiap harinya. Sebanyak 1.500 boks nasi diberikan kepada korban kebakaran pada pagi hari, siang hari, dan sore hari.

"Sudah menjadi kewajiban kami untuk menjamin korban kebakaran di Lautze ini tidak kelaparan," ungkap Kian.

Kendati demikian, ia menambahkan, bantuan makanan ini hanya sampai 15 hari. Setelah itu akan dievaluasi apakah bantuan tersebut dapat diteruskan atau dihentikan. Selain dapur umum dari Dinas Sosial DKI Jakarta, tersedia juga dapur umum yang merupakan bantuan dari PMI Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com