Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPU DKI Terima Berkas

Kompas.com - 13/02/2012, 03:03 WIB

Jakarta, Kompas - Hingga Minggu (12/2) pukul 20.00, tiga pasangan calon independen gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta sudah menyerahkan berkas pencalonan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Selain pasangan Faisal Basri-Biem Benjamin yang menyerahkan berkas pada Sabtu lalu, dua pasangan bakal calon independen gubernur dan wakil gubernur ikut mendaftarkan diri.

Dua pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta independen lain yang datang ke Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu, adalah Prayitno Ramelan-Teddy Suratmadji dan Hendardji Soepandji-Rizapatria.

”Pasangan Faisal-Biem datang pada Sabtu pukul 11.00. Sementara pasangan Prayitno-Teddy datang Minggu pukul 11.00. Dua jam kemudian, pukul 13.00, datang pasangan Hendardji-Rizapatria,” kata Ketua KPU DKI Jakarta Juri Ardiantoro, Minggu malam.

Ratusan warga dan aneka kesenian mengiringi kedua pasangan tersebut mendaftarkan diri. Saat mendaftarkan diri, mereka juga menyerahkan berkas dukungan berupa fotokopi kartu tanda penduduk dan formulir dukungan. Bukti dukungan tersebut diterima Juri Ardiantoro yang didampingi anggota KPU lain.

”Targetnya, malam ini kami akan menyelesaikan pengecekan berkas dan penghitungan apakah pasangan calon ini sudah memenuhi syarat minimal pendukungnya. Jika sudah siap, mereka (pasangan calon) akan melanjutkan ke tahap berikutnya,” ujar Juri menjelaskan.

Anggota KPU DKI Jakarta, Aminulloh, menambahkan, setelah berkas dinyatakan memenuhi syarat minimum jumlah pendukung, Senin ini, setiap pasangan calon akan mengantarkan berkas ke kelurahan untuk verifikasi data pendukung. ”Petugas PPS (Panitia Pemungutan Suara) kami di kelurahan akan melakukan verifikasi itu,” ujar Aminulloh.

Selanjutnya, petugas akan memverifikasi pendukung apakah memenuhi syarat atau tidak. (PIN/NUT)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com