Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendemo Laporkan Aparat ke Komnas HAM

Kompas.com - 15/02/2012, 14:15 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa yang direncanakan Gerakan Rakyat untuk Duduki Cikeas 2 (Geruduc 2) hingga pukul 14.00 WIB belum terlihat mendatangi wilayah Puri Cikeas Indah, kediaman pribadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Informasi terakhir dari salah seorang koordinator aksi menyebutkan, massa dari arah Jakarta masih berkumpul di Komnas HAM.

"Kami masih berada di Komnas HAM. Kami melaporkan perampasan poster dan spanduk oleh polisi," kata Yosef Sampurna Nggarang (Yos), koordinator aksi yang dihubungi Rabu (15/2/2012).

Ia melaporkan tindakan perampasan poster dan spanduk merupakan perampasan hak bersuara mereka sebagai rakyat. Karena itu, tindakan aparat tersebut dilaporkan ke Komnas HAM sebagai bentuk perampasan hak asasi.

"Laporan kami diterima Komisioner Ridha Saleh," kata Yos.

Sebelumnya, Geruduc 2 merencanakan aksi unjuk rasa di Puri Cikeas Indah. Menurut informasi awal, demonstran yang terdiri atas tiga kelompok massa akan mendatangi Cikeas dari tiga arah. Kelompok pertama dari Tugu Proklamasi, Cikini, Jakarta Pusat akan melintasi Jalan Tol Jagorawi. Kelompok kedua berangkat dari Unisma Bekasi dan akan melintasi Jalan Narogong menuju Cikeas. Sedangkan Kelompok ketiga berangkat dari Universitas Pakuan, Bogor, dan akan melintasi Jalan Gunung Putri - Cileungsi.

Tiga kelompok tersebut berencana berangkat bersamaan dari lokasi masing-masing pada pukul 10.00 WIB. Namun, rencana tersebut berantakan setelah kelompok utama yang berkumpul di Tugu Proklamasi dibubarkan aparat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com