Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nonton Film Gratis di Stasiun KA Beos Yuk...

Kompas.com - 15/02/2012, 14:18 WIB
Ester Lince Napitupulu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Program santai dari Sahabat Museum alias PINTONG singkatan dari Pindah Tongkrongan menggelar nonton film secara gratis di hall utama Stasiun Jakarta Kota atau Beos, Sabu (18/2/2012) pukul 17.30-21.30. Film layar tancap berjudul Kereta Api Terakhir ini berlatar belakang sejarah kemerdekaan sekaligus kereta api.

Film berlatarkan belakang sejarah Perang Kemerdekaan ini dikemas secara apik oleh Mochtar Soemodimedjo, sang sutradara. Film ini menampilkan peperangan yang bernuansa romantis, yang terkadang membuat kita terpingkal-pingkal menyaksikannya. Sebab, dialog dan akting yang lumayan menggelikan, agak "cupu" buat jaman sekarang, namun mungkin menggambarkan keadaan percintaan di sekitar tahun 1940-an akhir yang divisualisasikan di sepanjang jalan di atas kereta api.

Film ini boleh dibilang merupakan "film berjalan" yang alur ceritanya terjadi di atas kereta api yang lagi berjalan dari Purwokerto ke Yogya. Film ini diangkat berdasarkan novel "Kereta Api Terakhir" yang ditulis oleh Pandir Kelana, seorang pelaku kemerdekaan, lantas pensiun dengan pangkat Mayor Jenderal dengan nama aslinya RM Slamet Danusudirjo. Kemudian dibuat film pada tahun 1981.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) dan Sahabat Museum, yang didukung sepenuhnya oleh PT Kereta Api Indonesia.

Ade Purnama dari Sahabat Museum mengatakan, nonton film bersama ini terbuka untuk masyarakat umum. Namun, peserta harus mendaftar terlebih dahulu lewat email adep@cbn.net.id. Info lebih lanjut bisa dilihat di laman www.sahabatmuseum.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com