Cari Info Soal Bus Transjakarta? Unduh Aplikasi ini!

Kompas.com - 26/02/2012, 10:36 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

KOMPAS.com - Pemilik iPhone yang sering naik bus Transjakarta, kini bisa mengecek suasana kepadatan halte-halte di berbagai rute bus Transjakarta, hanya dalam genggaman tangan. Lewat aplikasi Transjakarta yang dikembangkan EquinoxApps ini, Anda juga mengecek lokasi halte tujuan Anda.

Pada aplikasi Transjakarta yang bisa diunduh di Apps Store, tersedia menu "map" yang menunjukkan rute-rute bus Transjakarta di berbagai koridor. Kalau Anda zoom in, terdapat titik-titik yang menunjukkan lokasi halte di setiap koridor.

Sedangkan pada menu "corridors", tersedia informasi 10 koridor rute bus Transjakarta, mulai dari koridor 1 Stasiun Kota-Blok M, koridor 2 Harmoni-Pulogadung, koridor 3 Pasarbaru-Kalideres, koridor 4 Pulogadung-Dukuh Atas 2, koridor 5 Ancol-Kampung Melayu, koridor 6 Ragunan-Dukuh Atas 2, koridor 7 Kp Rambutan-Kp Melayu, koridor 8 Lebak Bulus-Harmoni, koridor 9 Pluit-Pinang Ranti, dan koridor 10 Tanjung Priok-Cililitan 2.

Anda bisa meng-klik informasi di setiap koridor. Misalnya, koridor 1 Blok M-Kota diklik, akan muncul informasi setiap halte pada koridor itu, yaitu Blok M, Masjid Agung, Bundaran Senayan, Gelora Bung Karno, Polda Metro Jaya, Bendungan Hilir, Karet, Setiabudi, Dukuh Atas 1, Tosari, Bundaran HI, Sarinah, Bank Indonesia, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Olimo, Glodok, dan Stasiun Kota.

Tersedia juga informasi, halte mana saja yang memiliki persilangan dengan koridor lain, yaitu Bendungan Hilir (dengan koridor 9), Dukuh Atas 1 (dengan koridor 4), Harmoni (dengan koridor 2,3,8).

Yang menarik, Anda dapat mengecek suasana sejumlah halte di setiap koridor bus Transjakarta dari menit ke menit dari CCTV.

Menu lainnya pada aplikasi ini adalah "twitter". Anda dapat memantau twitter yang berhubungan dengan informasi bus Transjakarta maupun ikut berperan serta ngetwit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sedangkan pada menu "about", tersedia informasi "general information", misalnya soal tiket reguler seharga Rp 3.500 (single trip), sedangkan tiket early bird seharga Rp 2.000 (beroperasi antara pukul 05.00 dan 07.00).

Pada informasi "about Transjakarta", dijelaskan rencana pengembangan bus Transjakarta hingga koridor 15. Dicantumkan pula nomor HP untuk menyampaikan keluhan tentang pelayanan bus Transjakarta.

Rekomendasi: aplikasi ini sangat berguna bagi siapa saja yang menggunakan bus Transjakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.