Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serikat Pekerja Tolak Kenaikan Haga BBM

Kompas.com - 12/03/2012, 12:54 WIB
Suhartono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiga dari empat konfederasi serikat pekerja di Indonesia bersatu untuk menolak rencana kenaikan harga BBM per 1 April mendatang. Ketiga konfederasi itu adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI), Serikat Pekerja Indonesia (SPI), dan Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI).

Mereka kemudian bergabung dengan serikat pekerja lainnya, seperti Serikat Pekerja Tekstil Sandang dan Kulit (SPTK), Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), dan Federasi Serikat Buruh Indonesia (FDBI).

Tiga konfederasi itu adalah tiga dari empat konfederasi yang ada di Indonesdia dan memiliki massa jutaan orang.

Demikian diungkapkan tiga pimpinan konfederasi dalam siaran pers bersama, Senin (12/3/2021) siang ini di Jakarta. Siaran pers ditandatangani oleh Andi Gani N Wea, Presiden KSPSI; Ir Said Iqbal, Presiden KSPI/ FSPMI, dan Mudhofir, Presiden KSBSI.

Menurut ketiga pimpinan konfederasi itu, kenaikan harga BBM yang akan dilakukan pemerintah bakal menyengsarakan kaum buruh, pekerja, dan masyarakat. "Karena itu, kami menolaknya. Pemerintah sebenarnya bisa lebih efisien mengelola minyak dan gas," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com