Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pendaftaran, Parpol Koalisi "Alex-Nono" Pecah?

Kompas.com - 18/03/2012, 06:51 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Isu tak sedap kembali menghantam kubu pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, Alex Noerdin dan Nono Sampono.

Menjelang pasangan itu mendaftarkan diri pada Minggu (18/3/2012), koalisi yang dibentuk antara Golkar, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Damai Sejahtera (PDS) dikabarkan retak.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PDS DKI Jakarta dikabarkan menarik dukungannya terhadap Alex-Nono dan mengalihkannya ke kandidat lain, yakni Fauzi Bowo dengan pasangannya.

Informasi yang diterima Kompas.com, hari ini, DPW PDS DKI Jakarta akan menggelar deklarasi mendukung Fauzi Bowo di silang Monas, Jakarta Pusat, pukul 13.00. Di informasi yang disebar kepada media massa ini terdapat kalimat penutup "Salam, Ketua DPW PDS DKI Jakarta, Sahrianta Tarigan," tutup pesan singkat yang diterima wartawan itu.

Saat Kompas.com mengkonfirmasikan kebenaran informasi ini, Sahrianta tidak menjawab telepon atau pesan singkat.

Sementara itu, Ade Komarudin, Ketua Pemenangan Pemilu Jawa I DPP Partai Golkar, Ade Komarudin, yang dihubungi terpisah membantah adanya penarikan dukungan itu.

"Nggak ada itu. Baru saja saya rapat dengan PDS terkait pendaftaran besok (hari ini-red) ke KPUD," ujar Ade. Ade mengatakan jelang pendaftaran yang rencananya akan dilakukan pada Minggu pukul 11.00 itu, pihaknya sudah mempersiapkan semua syarat utama yang dibutuhkan, termasuk surat rekomendasi dari partai-partai yang mendukung pasangan Alex-Nono.

Surat rekomendasi itu dikeluarkan oleh pengurus tingkat wilayah di masing-masing partai koalisi. "Sudah ada surat dari DPD (Dewan Pimpinan Daerah) Golkar, DPW PPP, dan DPW PDS.

Semuanya sudah terkumpul tinggal besok diberikan ke KPUD. Aneh, kalau ada orang yang mengatakan menarik dukungan atau mencalonkan pasangan lain," kata Ade.

Belakangan, lanjutnya, memang banyak muncul isu-isu perpecahan koalisi yang dilontarkan oleh orang-orang yang juga perlu dipertanyakan apakah menyuarakan suara partai atau pribadi. "Yang jelas menjelang pendaftaran besok, semua sudah siap. PDS juga akan datang besok," tandas Ade.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com