Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Sudah dari Dulu Saya Siap!

Kompas.com - 18/03/2012, 12:08 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Satu hari menjelang penutupan pendaftaran bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, PDI Perjuangan belum mengumumkan siapa pasangan calon yang akan diusungnya. Hal tersebut karena para anggota masih menunggu keputusan dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Kader tingkat DPD pun langsung berkonsolidasi menyusun pemetaan terhadap nama-nama yang diperkirakan akan diucapkan oleh Mega. Meski demikian, Joko Widodo, salah satu nama yang santer diusung oleh partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut, menegaskan kembali kesiapannya jika sang ketua menugaskan dirinya mempimpin Jakarta lima tahun ke depan.

"Sudah dari dulu saya sampaikan, saya siap," ujar Joko kepada wartawan sesaat sebelum menghadiri Rapat Kerja Daerah Khusus di Kantor DPD PDIP, Jl. Tebet Raya, Nomor 46, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2012).

Meski dirinya siap, namun ia akan tetap menghormati mekanisme yang ditentukan dalam partai, terutama keputusan sang Ketua Umum. "Partai kan ada mekanismenya, kalau saya sih menunggu rekomendasi tugas. Kalau Ibu Mega yang tunjuk, saya masih menunggu rekomendasi," lanjut Joko.

Sementara, saat ditanya wakil yang ideal dalam menemaninya, pria yang telah memasuki tahun terakhirnya sebagai Wali Kota Solo tersebut mengungkapkan belum memiliki kriteria untuk diajukan kepada forum rapat kerja. "Saya belum berfikir ke situ, jadi nanti menghadiri undangan dulu lah," ujarnya.

Hingga kini, PDIP masih terlihat gamang dalam menentukan calon gubernur DKI Jakarta. Beberapa nama yang santer diberitakan masuk ke dalam bursa partai adalah Joko Widodo, Fauzi Bowo dan Adang Ruchiyatna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com