Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SPBU di Luar Jalur Demo Beroperasi Normal

Kompas.com - 27/03/2012, 10:04 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertamina akan menutup Stasiun Bahan Bakar untuk Umum (SPBU) di jalur aksi unjuk rasa besar yang rencananya dilakukan hari ini, Selasa (27/3/2012). Masyarakat diimbau untuk mengisi bahan bakar kendaraannya di SPBU di luar jalur aksi unjuk rasa.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, pada pukul 09.00 tadi sejumlah SPBU di luar jalur unjuk rasa seperti di Jalan Raya Lenteng Agung dan Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan dua buah SPBU tampak beroperasi normal. Namun, pengamanan di SPBU itu memang terlihat ditingkatkan.

Di SPBU dekat tugu Pancoran misalnya, tampak lima orang personel Brimob lengkap dengan senjata laras panjang berjaga-jaga bersama dengan dua orang personel Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Sandy Irawan, petugas Babinkamtibmas Polsektro Pancoran, mengatakan, pengamanan ditingkatkan sejak Senin (25/3/2012) malam. "Sejak tadi malam sudah ada sepuluh orang yang berjaga mulai dari TNI, Brimob, Satpol PP, sampai ormas, dan Babinkamtibmas," kata Sandy, Selasa pagi saat dijumpai di lokasi.

Sandy menjelaskan, sejak beberapa hari lalu, anggota kepolisian dari Polsek Metro Pancoran dan Polres Metro Jakarta Selatan juga selalu melakukan patroli memantau ketersediaan bahan bakar di SPBU tersebut.

"Tiap malam patroli ke sini untuk cek. Mereka mewanti-wanti agar kami tidak tutup supaya BBM terus tersedia," ujarnya.

Dian, pengawas sekaligus teknisi di SPBU itu mengatakan, SPBU tetap beroperasi normal. Stok bahan bakar juga sudah disiapkan sejak semalam. "Tadi malam dari Pertamina sudah isi sekitar 16 ton untuk antisipasi hari ini. Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok sudah lebih dari cukup," ucap Dian.

Dia mengatakan, sejak pukul 05.30 tadi, antrean panjang terjadi di Jalan MT Haryono, Jakarta Timur. Hal ini dilakukan karena banyak yang ketakutan karena ada informasi penutupan SPBU. "Kami tetap beroperasi, hanya pengamanan saja ditingkatkan. Karena mungkin tempat kami tidak dekat dengan lokasi demo. Sejak semalam masyarakat sudah banyak yang datang sampai jam 12 malam karena takut akan isu itu," kata Dian.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication Pertamina, Mochammad Harun mengimbau masyarakat untuk mengisi BBM di SPBU di luar jalur demonstarasi. "Karena kami akan mengosongkan SPBU di jalur demo untuk pertimbangan safety," tulis Harun dalam pesan singkat yang diterima Kompas.com, Senin (25/3/2012) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com