Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polwan Cantik di Tengah Aksi Panas

Kompas.com - 30/03/2012, 03:10 WIB

Kalau dijaga polwan, bisa-bisa luntur semua hati buruh di sini,” celoteh seorang pengunjuk rasa saat demonstrasi menolak rencana kenaikan harga bahan bakar minyak berlangsung di depan kompleks Gedung DPRD Kota Bekasi, Kamis (29/3).

Massa pengunjuk rasa yang memadati sepenggal ruas Jalan Chairil Anwar, persis di depan Gedung DPRD Kota Bekasi, berhadapan dengan barisan polisi wanita (polwan) berseragam yang dikerahkan Kepolisian Resor Kota Bekasi Kota. Di belakang barisan polwan berjaga polisi dari Satuan Sabhara dan Brimob sebagai bentuk pengamanan berlapis.

Kehadiran polwan menyejukkan suasana demonstrasi yang berlangsung panas karena digelar pada siang hari dan di tengah jalan. Satu-dua orang mencuri-curi kesempatan memotret polwan. Ada juga yang langsung mengajak foto bareng.

Celotehan dan curi-curi kesempatan memotret itu ditanggapi dengan senyuman. ”Senjata kami, ya, senyum dan sapa simpati,” kata Inspektur Dua Puji Astuti, polwan dari Polresta Bekasi Kota.

”Tugas kami mengamankan aksi unjuk rasa agar tidak anarkistis,” ujar Puji menambahkan.

Selain Puji, Polresta Bekasi Kota mengerahkan sekitar 60 polwan atau setara dua peleton. ”Satu peleton dari Polresta Bekasi Kota dan satu peleton dari polsek jajaran,” kata Ajun Komisaris Dewi Setyowati, Kepala Sub-bagian Humas Polresta Bekasi Kota.

Di tingkat Polda Metro Jaya terdapat lima tim polwan negosiator di bawah kendali Direktorat Shabara. Setiap tim beranggotakan 15 orang, termasuk kepala tim. Ada lagi tim negosiator di tingkat polres, yang kendalinya di bawah kepala polres masing-masing.

Mereka bekerja selama dua bulan sebagai negosiator berdasarkan surat perintah Kepala Polda Metro Jaya. Setelah itu, ditetapkan lagi ketua dan anggota tim negosiator penggantinya. Jika tidak bertugas sebagai negosiator, polwan bekerja di satuan masing-masing.

Tempat curhat

Komisaris Yulia, perwira pengawas tim negosiator, mengatakan, tugas penting negosiator adalah mengendalikan diri dan berkomunikasi baik dengan peserta aksi. ”Kami juga harus sabar sebab kami kadang harus menjadi pendengar yang baik dari keluh kesah pengunjuk rasa. Mereka curhat saat unjuk rasa,” katanya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com