Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sampang Terendam, Sekolah Diliburkan

Kompas.com - 03/04/2012, 12:47 WIB
Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com — Meskipun tidak turun hujan yang deras, Kabupaten Sampang, Jawa Timur, terendam banjir setinggi 40 sentimeter, Selasa (3/4/2012). Akibatnya, beberapa sekolah terpaksa diliburkan. Misalnya, di SDN Pasean I dan SDN Pasean II serta MTs Gunung Maddeh, Kecamatan Kota Sampang.

Sementara itu, kompleks perumahan warga yang ikut terendam banjir di Desa Pangung dan Desa Pasean, Kecamatan Kota. Banjir itu merupakan luapan Kali Kemuning yang sudah mengalami sedimentasi. Lebih kurang 155 kepala keluarga yang tinggal di dua desa tersebut sudah menjadi langganan rendaman banjir.

Rudi (30), warga Desa Pangung, beserta warga yang lain saat ini berupaya mengungsikan barang-barang mereka. Dia mengaku khawatir bila hujan deras terjadi akan mengakibatkan banjir semakin meninggi.

Siswa yang ada di SDN Gunung Madeh III masih tetap masuk sekolah meski sekolahnya terendam. "Kami memang menyarankan kepada siswa agar tetap masuk, meskipun menggunakan sandal jepit," terang Mohummad Alwi, salah satu guru pengajar SDN Gunung Madeh III.

Luapan Kali Kemuning sering kali terjadi meskipun di dalam kota tidak terjadi hujan. Air itu merupakan kiriman dari Kecamatan Ketapang dan Kecamatan Karang Penang. Dua kecamatan ini berada di dataran tinggi bagian utara Kabupaten Pamekasan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com