Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Jakarta Surut, Lalin Kembali Lancar

Kompas.com - 04/04/2012, 18:51 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir terjadi di beberapa wilayah di Jakarta setelah hujan deras pada Selasa (3/4/2012) malam mengguyur kota ini. Imbasnya, arus lalu lintas terpantau padat pada Rabu pagi hingga siang ini.

Namun, sore ini banjir di berbagai wilayah kian surut. Arus lalu lintas pun kembali lancar.

"Di seluruh titik banjir tadi malam sampai pagi, hingga sore hari ini berangsur-angsur surut. Lalu lintas kembali normal," ungkap petugas Traffic Management Center (TMC) Ditlantas Polda Metro Jaya, Aipda Sutarmin, Rabu (4/4/2012), saat dijumpai di ruang kontrol TMC Polda Metro Jaya.

Ia mengatakan imbas dari banjir tadi malam yang terparah ada di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Saat itu, ketinggian air di depan kantor Samsat sudah sampai paha orang dewasa. Arus lalu lintas pun lumpuh total pada Selasa malam.

Namun, pada pagi hari, lebih dari 50 orang petugasa lalu lintas membantu mengatur arus dengan memberlakukan countra flow dari arah Cengkareng menuju Grogol.

"Contra flow diterapkan juga karena warga sempat merusak pagar untuk jalan pintas, jadi lalu lintas tersendat," papar Sutarmin.

Kepadatan di Jalan Daan Mogot bahkan sampai menyebabkan kepadatan di pintu keluar tol Puri Kembangan dan tol di Karang Tengah, Tangerang. Namun, pada pukul 13.00, jalan Daan Mogot sudah bisa dilalui kembali di kedua arahnya.

"Sekarang semua jalur di Daan Mogot sudah dibuka kembali. Sudah normal. Ketinggian air juga kini tinggal 10 cm," ujar Sutarmin.

Adapun, aparat kepolisian menyiagakan 1.000 anggota polisi lalu lintas di 747 titik kemacetan dan juga titik rawan banjir.

Pada Selasa malam, banjir di beberapa wilayah Jakarta menyebabkan kemacetan panjang. Berikut data wilayah banjir yang terjadi pada Selasa malam hingga Rabu pagi ini.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com