Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut Sebagian di Cipulir dan Pondok Labu

Kompas.com - 04/04/2012, 22:17 WIB
Iwan Santosa

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Banjir mulai surut sebagian di Cipulir dan Pondok Labu, Jakarta. Kepala Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, Rabu (4/4/2012) malam, daerah yang terendam banjir di Cipulir meliputi RT 019 RW 03 sebanyak 89 keluarga dengan 445 jiwa.

Kawasan itu masih tergenang dan air mengalir deras. Adapun tinggi genangan sekitar 80 cm.

Lokasi lain, di RT 017 RW 03 sebanyak 61 keluarga dengan 305 jiwa. Sebagian telah surut dan genangan tersisa 50 cm. Khusus RT 04 RW 012 sebanyak 24 keluarga dengan 120 jiwa, banjir sudah surut.

"Kebutuhan dasar yang mendesak adalah makanan balita, alat-alat kebersihan, selimut, daster, pakaian dalam wanita, dan seragam sekolah," kata Sutopo.

Ia menjelaskan, jumlah warga di 3 RT tersebut sebanyak 865 jiwa. Untuk sementara pengungsi di tampung di posko pengungsian dan di masjid.

Sementara itu banjir di Pondok Labu, yang menggenangi RT 9,10,12,14 sudah surut sedangkan di RT 11 masih tergenang 15 cm.

Tinggi air Kali Pesanggrahan juga sudah surut. Hal ini terlihat dari meteran pengukur tinggi muka air sungai sudah terlihat.

Sebagian warga membersihkan rumah. Dapur umum lapangan Dinas Sosial masih menyiapkan 2.000 nasi bungkus per hari. Aktivtas warga mulai normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com