Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Terpancing Isu Soal UN Bocor

Kompas.com - 16/04/2012, 00:28 WIB

PAMEKASAN, KOMPAS.com - Kapolres Pamekasan, Madura, AKBP Nanang Chadarusman meminta, siswa peserta ujian nasional (UN) di wilayah itu tidak terpancing terhadap adanya isu kebocoran soal.

"Kami minta siswa tetap konsentrasi belajar, karena isu kebocoran soal UN hanya akan membuat semangat belajar menurut," kata Nanang Chadarusman, Minggu (15/4/2012) malam.

Kapolres mengemukakan hal ini menyusulnya adanya isu yang berkembang bahwa soal UN di sejumlah daerah ada yang bocor, dan kini sudah beredar.

"Jika siswa terpancing dengan isu seperti ini, mereka tidak akan semangat lagi menghadapi ujian, karena hanya berharap ada bocoran soal dari teman-temannya," kata Kapolres.

Ia memastikan, untuk kabupaten Pamekasan, tidak akan ada soal UN yang bocor, karena sejauh ini pengawasan telah dilakukan dengan ektra ketat.

Pengawasan dalam pelaksanaan UN tingkat SMA dan yang sederajat kali ini tidak hanya di ruang kelas dan saat distribusi soal saja, akan tetapi tempat penyimpanan soal UN juga diawasi selama 24 jam.

"Dan pengawas tempat penyimpanan naskah soal ini tidak hanya oleh polisi saja, tapi juga panitia dari Dinas Pendidikan dan Kantor Kementerian Agama," katanya.

Secara keseluruhan jumlah personel polisi yang diterjunkan khusus mengamankan pelaksanaan UN di Kabupaten Pamekasan sebanyak 221 personel, gabungan dari berbagai kesatuan.

Selain dari unsur petugas keamanan, sebanyak 97 tim pemantau independen dari unsur perguruan tinggi juga diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan ujian.

Jumlah lembaga pendidikan tingkat SMA dan yang sederajat di Pamekasan yang menyelenggaran UN kali ini sebanyak 91 lembaga dan enam sekolah penggabung, tersebar di 13 kecamatan.

Peserta UN untuk tingkat SMA dan sederajat yang akan mengikuti ujian pada tanggal 16 hingga 19 April 2012 sebanyak 10.044 siswa. Rinciannya, siswa SMA sebanyak 3.200 orang, Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 4.842 orang siswa, SMK sebanyak 2.002 orang siswa.

Ujian susulan akan digelar pada 23 hingga 26 April 2012 dan pengumuman hasil UN tingkat SMA/MA dan SMK pada 24 Mei 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com