Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Kehadiran MRT Akan Jadi Gaya Hidup Warga Jakarta

Kompas.com - 27/04/2012, 03:46 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan bahwa keberadaan Mass Rapid Transit (MRT) pada 2016 mendatang akan mampu menciptakan gaya hidup baru bagi warga Jakarta.

Diharapkan beban kendaraan di jalan akan semakin berkurang dan masyarakat mau berpindah ke angkutan massal. "Dengan MRT dan sejumlah proyek yang telah direalisasikan, wajah transportasi Jakarta akan mengalami perubahan signifikan di masa mendatang. Begitu pula dengan pola dan gaya hidup masyarakat," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Stadion Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (26/4/2012).

Ia menjelaskan bahwa pada tahun pertama operasi nanti, tiap rangkaian kereta MRT Jakarta terdiri dari enam gerbong dengan kapasitas tiap gerbong mampu mengangkut sekitar 250 penumpang. Targetnya kapasitas angkut MRT Jakarta dari Lebak Bulus ke Bundaran HI mampu mencapai sekitar 420.000 penumpang per hari.

"Bus kota tidak mampu mengangkut sebanyak itu dalam per hari. Apalagi bajaj. Cuma kereta yang bisa. Ini sebabnya saya sekali lagi dapat bernapas lega, karena proyek transportasi berbasis rel ini mulai berjalan," jelas Foke.

Menurutnya, jika MRT ini dapat berjalan baik dan berhasil mengangkut penumpang sesuai target bahkan melebihi maka kemungkinan busway yang memiliki jalur sama dengan MRT akan dialihkan untuk memperkuat akses dari daerah penyangga ke Jakarta.

"Progres memang tidak bisa cepat tapi apa yang dilakukan hari ini dapat menjadi motivasi untuk mempercepatnya. Nanti akan disediakan juga jalur pejalan kaki yang memadai dan jalur sepeda," ujarnya.

"Warga juga perlahan mulai dapat pelan-pelan mengganti pola gaya hidupnya dengan membiasakan diri naik angkutan umum dan menjaga interaksi sosial yang baik antar warga," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com