Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudirman-Thamrin Lumpuh, Koridor I Busway Tak Beroperasi

Kompas.com - 01/05/2012, 12:04 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi unjuk rasa buruh dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day melumpuhkan sebagian jalan protokol, yaitu Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin. Lantaran hal ini, bus transjakarta koridor I (Blok M-Kota) terpaksa berhenti beroperasi.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, M Akbar, mengatakan, untuk bus transjakarta koridor I baik dari arah Blok M maupun arah Kota tidak beroperasi untuk sementara. Mengingat jalur yang bisa dilalui diblokade oleh para demonstran.

"Sejauh ini hanya koridor I saja yang berhenti beroperasi. Ini juga situasional saja. Kondisi normal kami akan beroperasi kembali. Karena itu, semua petugas tetap siap di lapangan," kata Akbar kepada Kompas.com ketika dihubungi, Selasa (1/5/2012).

Sementara itu, sepuluh rute lain masih beroperasi seperti biasa. Hanya beberapa koridor seperti koridor II (Harmoni-Pulo Gadung) dan koridor IX (Pluit-Pinang Ranti) melakukan pengalihan rute demi keamanan dan kenyamanan penumpang.

Untuk koridor II (Harmoni-Pulo Gadung), kali ini dari Harmoni dibelokkan melintas ke Juanda kemudian masuk Jalan Medan Merdeka Timur dan selanjutnya melewati rute seperti biasa. Untuk koridor IX (Pluit-Pinang Ranti), dari arah Semanggi akan masuk ke tol dalam kota dan keluar di pintu tol Slipi.

"Jadi koridor II tidak lewat Monas dan Balai Kota seperti biasanya. Tapi semua yang lewat Monas, termasuk rute ekspress juga kami hentikan untuk sementara," kata Akbar.

Diberitakan sebelumnya, sebanyak sekitar 52.000 buruh diperkirakan akan berunjuk rasa saat pelaksanaan May Day. Dirlantas Polda Metro Jaya bahkan telah menyiapkan 12 titik pengalihan arus lalu lintas demi meminimalisasi kemacetan yang akan ditimbulkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com