Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Petani Ditangkap Curi Mobil

Kompas.com - 02/05/2012, 01:26 WIB
Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com — Seorang anak petani di Kabupaten Gowa, Illang (21), warga Dusun Tinggi Balla, Kelurahan Sapaya, Kecamatan Bongaya, diringkus unit Opsnal Reskrim Polda Sulawesi Selatan, Selasa (1/5/2012) dini hari. Polisi juga menyita sebuah mobil Suzuki Futura pikap hasil curian tersangka bersama komplotannya.

Illang menjalankan aksinya bersama beberapa rekannya, yakni Tutu, Amir, Liwng, Sahid, Rudi, Anto, Jabo, Andi, Enal, dan beberapa temannya yang lain. Komplotan ini kerap beraksi di Kota Makassar, Kabupaten Gowa, dan Kabupaten Barru. Polisi yang mengendus pergerakan tersangka kemudian melakukan pengintaian selama tiga hari dan akhirnya berhasil meringkusnya di rumahnya.

Tersangka terakhir mencuri mobil Suzuki Futura pikap warna biru bernomor polisi DD 8736 IJ di Kabupaten Gowa. Rencananya, mobil tersebut hendak dijual kepada seorang penadah, Dg Ngero, yang beralamat di Tolo, Kabupaten Gowa.

Dari pengakuan tersangka di depan polisi, dia sudah mencuri mobil sebanyak enam kali. Mobil curiannya pun tergantung dari pesanan yang diterima oleh penadahnya.

"Mobil yang berhasil kami curi kemudian dipereteli dan onderdilnya dijual kepada pembeli. Saya melakukan ini Pak karena tidak ada kerjaku kodong. Sedangkan bapakku hanya kerjanya petani," kata Illang.

Illang mengaku, rekan-rekannya kebanyakan berdomisili di Kabupaten Gowa, dan mereka kini masih dalam pengejaran polisi. Ia pun bergabung dalam komplotan ini sejak enam bulan lalu.

"Teman-temanku tinggal di Taroang, Sapaya, Tolo, Bonto Loe, Lopoa, dan beberapa lokasi lainnya yang ada di Kabupaten Gowa," ungkapnya.

Kepala Unit Opsnal Reskrim Polda Sulawesi Selatan Komisari Muh Yadin menuturkan, pihaknya masih mengendus keberadaan tersangka lainnya yang masih bersembunyi. Dari keterangan tersangka yang berhasil diringkus, keberadaan sindikat pencuri kendaraan bermotor yang meresahkan masyarakat bisa dilacak.

"Selain tersangka dan mobil curian, polisi juga menyita sebuah kunci T dan fotokopi STNK. Beberapa onderdil mobil juga berhasil disita oleh anggota Polres KP3 Pelabuhan Makassar dan Polres Kabupaten Maros," terang Yadin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com