Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendadak Ke TMC, Foke Pantau Kondisi Jakarta

Kompas.com - 07/05/2012, 13:22 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seusai melakukan inspeksi mendadak di sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang terletak di Jakarta Selatan dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN), Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berkunjung ke Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya.

"Tadi kan saya ke Jakarta Selatan, terjadi hujan cukup deras. Jadi biasanya para pengemudi melambat dan mengakibatkan stagnasi," kata Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, di Balaikota, Jakarta, Senin (7/5/2012).

Ia mengungkapkan bahwa saat ini kondisi masih bisa dikendalikan sehingga stagnasi total tidak terjadi. Namun ia menjelaskan bahwa ada beberapa simpul yang harus segera diurai lantaran banyaknya pengendara roda dua yang berteduh di pinggir jalan.

Dalam kesempatan singkat tersebut, ia juga memeriksa kondisi genangan yang muncul akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta sejak pagi tadi. Ia mengakui banyak terjadi di beberapa titik namun sejauh ini sudah mulai surut dan tidak mengganggu lalu lintas.

"Ada genangan memang di beberapa titik. Tapi 20 sampai menit sudah lancar sekali," jelas Foke.

Sementara beberapa sungai di Jakarta, rata permukaan airnya terus meningkat karena sebagian wilayah selatan Jakarta dari semalam sudah diguyur hujan.

"Ada kenaikan air yang cukup serius di wilayah selatan. Bukan hanya hujan di Jakarta tapi juga hujan di Depok dan Bogor," ujarnya. "Air kiriman ini volumenya cukup besar terutama di Sungai Krukut dan Kali Baru. Tapi belum sampai level yg mengkhawatirkan," imbuhnya.

Sedangkan untuk Kali Angke, ia memeriksa kondisinya masih aman. Ia mengungkapkan bahwa dengan kondisi seperti ini, ia akan terus memantau di lapangan sehingga jika ada masalah dapat segera ditangani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com