Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Nyatakan 1.710 TPS DKI Aman

Kompas.com - 11/05/2012, 16:16 WIB
Hidayatul Fajri

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 1.710 tempat pemungutan suara (TPS) di Jakarta dinyatakan aman, sementara 198 TPS termasuk kategori rawan 1, dan 18 TPS termasuk rawan 2.

Hal tersebut diugkapkan Kabidhumas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jumat (11/5/2012).

"Jadi, TPS itu kan ada bermacam-macam. Dibagi menjadi TPS aman, TPS rawan 1, dan TPS rawan 2," kata Rikwanto.

Dalam praktiknya nanti, kata Rikwanto, disesuaikan dengan perkembangan situasi. Jadi, jika diambil asumsi lima tahun lalu misalnya, TPS Senen yang rawan, bisa jadi pada saat Pilkada sekarang sudah tidak rawan. Jadi bergeser situasinya. Tidak selalu TPS yang dulu rawan ditetapkan menjadi TPS rawan.

Rikwanto mengatakan, yang menjadi sebab penetapan TPS rawan di antaranya kejadian-kejadian yang pernah terjadi di lokasi saat penghitungan suara, saat pencoblosan, atau ada sengketa warga di TPS tersebut yang berakibat pada permusuhan dan pengerusakan. Kemudian, dikatakan rawan apabila di TPS tersebut dukungan antarcalon seimbang.

"Dengan seimbangnya dukungan, maka ada potensi kerawanan. Jadi, salah sedikit pernyataan dari KPUD ataupun panitia TPS yang ada di situ menyatakan sah atau tidak sah, atau salah menghitung, ini bisa menjadi pemicu," kata Rikwanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com