Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikaji, Pintu Masuk Lawan Arus Ditarik ke Depan Carrefour

Kompas.com - 18/05/2012, 09:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktorat Operasi PT Jasa Marga Tbk tengah mengkaji kemungkinan memperpanjang jalur lawan arus. Jalur pembukaan lawan arus akan dimulai di Km 1+700 atau di depan Carrefour sebelum pintu masuk Tol Cawang, Jakarta Timur.

”Kami dapat masukan dari Korps Lalu Lintas Polri pada Selasa lalu. Masukannya antara lain rekomendasi untuk memperpanjang jalur contraflow Cawang-Semanggi,” kata Direktur Operasi Jasa Marga Hasanudin, Kamis (17/5/2012) petang.

Rekomendasi itu sangat diterima dan saat ini sedang dikaji untuk dilaksanakan. Sebelum Kamis pekan depan diharapkan kebijakan untuk memperpanjang jalur lawan arus sudah dapat diterapkan.

”Saat ini bukaan contraflow ada di Km 3+050 atau di depan Bukopin. Nanti bukaannya akan ada di Km 1+700 atau di depan Carrefour,” katanya.

Menurut Hasanudin, pihaknya siap untuk memperpanjang jalur lawan arus dengan pertimbangan sistem tersebut dinilai cukup aman. Pengendara yang memanfaatkan lawan arus mencapai 30,5 persen dari kendaraan yang melintasi ruas Cawang-Semanggi.

”Dengan adanya bukaan di Km 1+700, diharapkan dapat menarik arus lalu lintas kendaraan dari Gerbang Tol Halim yang selama kita semua tahu padatnya bukan main itu,” katanya.

”Saat ini saya menunggu kesiapan di lapangan. Karena ini berarti harus menambah rambu-rambu dan petugas. Saya juga, kan, harus meminta komitmen para petugas di lapangan, baik itu dari Jasa Marga maupun kepolisian, terhadap zero accident," kata Hasanudin.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Wahyono secara terpisah mengatakan, pihaknya mengikuti rapat koordinasi membahas infrastruktur jalan tol di Korps Lalu Lintas Polri.

”Hasil dari rakor tersebut memang ada masukan atau rekomendasi tentang perbaikan atau peningkatan contraflow Semanggi-Cawang kepada pengelola jalan tol,” katanya.

Sebelumnya, lalu lintas lawan arus di jalan tol dimulai dari depan Gedung Bukopin. Setelah dinilai positif mampu mengurangi kemacetan, kepolisian dan Jasa Marga berencana memperpanjang jalur. (RTS)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com