Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Janji Tekan Inflasi di Bawah 2 persen

Kompas.com - 18/05/2012, 13:47 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Calon gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, menyatakan bahwa pemahaman lapangan dan jalur distribusi serta ketersediaan stok barang menjadi kunci dalam menekan laju inflasi. Hal itu sudah dibuktikannya selama menjabat Wali Kota Solo, Jawa Tengah, dengan mampu menekan angka inflasi hingga 1,93 persen.

Seusai mengunjungi beberapa pasar di Jakarta, Kamis (17/5/2012) malam, Jokowi menjanjikan akan mengupayakan langkah yang sama bila dipercaya memimpin Jakarta. Pasalnya, angka inflasi Ibu Kota pada 2011 berada pada angka 3,97 persen.

"Manajemen pasokan itu selalu ada stok. Kemudian manajemen distribusi barang harus tahu lapangan. Jadi, tahu di mana gudang, tengkulaknya, stok berapa, selalu terkontrol dan termonitor," ujar Jokowi, memaparkan kunci pengendalian inflasi yang diterapkannya.

Berkat pemahaman tersebut, mantan pengusaha mebel ini terpilih sebagai pemimpin daerah Pengendali Inflasi Terbaik di Indonesia.

Jokowi mengatakan, asalkan mengerti titik-titik dan unsur-unsur pengontrolan saat di lapangan dan manajemen pasokan efektif, maka inflasi dapat dikendalikan. Kiat yang sama dapat diterapkan di Jakarta. "Asal menguasai medan lapangan, sangat mungkin diterapkan (di Jakarta). Kenapa tidak?" ujarnya.

Terkait kondisi pasar sebagai lokasi utama distribusi, Jokowi menilai masih terdapat kendala pada kondisi infrastruktur. "Masalah di pasar sekarang ini ya becek, bau, tidak tertata. Itu harus dibenahi infrastrukturnya," ujarnya.

Jokowi menuturkan, pasar tradisional itu harus diberdayakan karena merupakan etalase para usaha mikro kecil (UKM). Oleh karena itu, salah satu cara pemberdayaan yang efektif adalah dengan memperbaiki infrastruktur pasar. Beberapa pasar tradisional yang dikunjungi Jokowi antara lain Pasar Minggu, Pasar Ular, Pasar Jangkrik, Pasar Kramat Jati, dan Pasar Inpres Senen. Ia menilai pasar-pasar tersebut perlu mendapat perbaikan infrastruktur untuk menjadi lokasi dagang yang layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com