Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gresik dan Lamongan Raih Adipura dan Adiwiyata

Kompas.com - 04/06/2012, 16:46 WIB
Adi Sucipto

Penulis

GRESIK, KOMPAS.com- Tahun ini Kabupaten Lamongan dan Gresik meraih penghargaan Adipura sebagai Kota terbersih dan Adiwiyata untuk sekolah yang peduli lingkungan.

Di Gresik ada lima sekolah yang meraih Adiwiyata, yakni SD Semen Gresik, SMP Negeri 1 Gresik, SM P Negeri 3 Gresik, SMA Negeri 1 Kebomas, dan SMK Semen Gresik. Satu sekolah lagi meraih Adiwiyata Mandiri, yakni Petrokimia Gresik.

Sedangkan Lamongan tahun ini meraih Adipura ke-6. SMA Negeri 1 Lamongan mendapatkan predikat Adiwiyata Mandiri Nasional hanya dalam dua tahun kepesertaan, dan SMP Negeri 2 Lamongan meraih Adiwiyata.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Gresik Tugas Husni Syarwanto, Senin (4/6/2012), menyebutkan, tahun ini ada 34 kota sedang se-Indonesia meraih Piala Adipura, termasukGresik.

"Penghargaan itu berkat dukungan masyarakat yang peduli pengelolaan sampah, termasuk melalui Bank Sampah di desa/kelurahan," katanya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Lamongan Aris Wibawa menyebutkan, Lamongan meraih Adipura kategori kota kecil bersama 48 kota lain di Indonesia. Di Jawa Timur selain Lamongan, penghargaan serupa diterima Tuban, Bojonegoro, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Magetan, dan Ponorogo.

Di luar Jawa yang menerima Adipura kategori kota kecil di antaranya, Kota Kayu Agung dan Kabupaten Ogan Komering Ilir di  Sumatera Selatan; Kota Amlapura dan Kabupaten Karangasem (Bali); dan Kota Bangko serta Kabupaten Merangin di Jambi.

"Lamongan meraih poin akhir 77,83 dan tertinggi untuk kategori kota kecil," kata Aris.

Menurut Aris, program Lamongan Green and Clean meningkatkan peran masyarakat dalam kebersihan dan keindahan lingkungan. Tim penilai akan mengumumkan rukun tetangga yang terbaik untuk kategorin perintis, berkembang, dan maju.

Kelompok RT berkembang akan dipilih untuk kategori best of the best, terbaik ke-2, terbaik ke-3. Selain itu, ada kategori penataan lingkungan terbaik, kebersihan terbaik, yel-yel terbaik, fasilitator kelurahan terbaik, dan RT favorit. Kelompok RT perintis kelompok RT Maju akan dipilih tiga terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com