Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faisal-Biem Luncurkan Aplikasi Donasi untuk Blackberry

Kompas.com - 15/06/2012, 19:04 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta jalur independen, Faisal Basri-Biem Benjamin, meluncurkan aplikasi baru untuk Blackberry. Aplikasi tersebut memudahkan siapa saja untuk memberikan donasi kepada pasangan tersebut.

"Jika pengguna BlackBerry tidak sempat ke bank atau macet di perjalanan, mereka tetap bisa mengirim donasi dengan mengikuti langkah yang tersedia dan dijamin aman," ujar Azwar Zulkarnaen, fundraising manager Faisal-Biem dalam surat elektroniknya, Jumat (15/6/2012).

"Aplikasi ini kami di-develop oleh Doku, perusahaan penyedia aplikasi teknologi. Semoga dengan aplikasi ini, Faisal-Biem bisa lebih dekat dengan warga Jakarta," lanjut Azwar.

Untuk sementara, aplikasi ini dalam tahap uji coba. Pengguna BlackBerry bisa mengunduh aplikasi FaisalBiem di link di bawah ini sesuai tipe gadget yang dimiliki, yaitu 1. Gemini: http://dokupay.com/faisalbiemupload/faisalbiemgem/FaisalBiem.jad 2. Javelin dan Onix: http://dokupay.com/faisalbiemupload/faisalbiemjav/FaisalBiem.jad 3. Torch: http://dokupay.com/faisalbiemupload/faisalbiemtorch/FaisalBiem.jad.

Menurutnya, aplikasi itu menunjukkan bahwa pasangan tersebut serius dalam memanfaatkan teknologi demi menyebarkan ide-ide kemajuan Jakarta. Aplikasi ini juga merupakan awal dari program e-birokrat Faisal-Biem.

Ke depan, Faisal-Biem akan menyiapkan fitur di mana rakyat bisa menyampaikan gagasan, keluhan maupun masukan langsung kepada gubernur.  "Kami sedang membuat aplikasi ini agar berjalan di ponsel low-end atau sistem lain seperti Android, Symbian atau operating system lainnya. Beberapa satu fitur yang sedang dibuat adalah Keluhan Warga dan Saran Warga," lanjutnya.

Dalam fitur Keluhan Warga, masyarakat dapat memotret dan mengirimkan foto fasilitas publik yang rusak seperti jalanan, tiang telepon, tiang listrik dan lain sebagainya kepada Pemda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com