Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Kita Samperin Warga Daripada Warga Samperin Kita"

Kompas.com - 25/06/2012, 17:31 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Faisal Basri Batubara dan pasangannya Biem Benjamin mengabaikan cara konvensional pada hari pertama kampanye tertutup Pilkada DKI Jakarta. Mendapat jatah kampanye di wilayah Jakarta Selatan, keduanya memilih berkeliling dengan odong-odong.

"Lebih baik kita yang samperin warga daripada warga yang nyamperin kita," kata Biem di Pos Komunikasi Berdaya Bareng-bareng, Gandaria Tengah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (25/6/2012).

Lebih dari itu, Biem menilai yang berkumpul di ruang pertemuan atau aula untuk bertemu mereka biasanya orang-orang yang tergolong pemilih potensial yang sudah mengenal mereka.

Pendapat senada diungkapkan Faisal yang datang kemudian. Menurut Faisal, selain memakan ongkos, mobilisasi massa ke gedung atau stadion kurang efektif.

"Kita berkampanye untuk menarik orang yang belum tahu program kita, belum kenal kita. Kalau mobilisasi pendukung kan sebenarnya orang-orang yang berkumpul sudah kenal kami. Jadi untuk apa?" jelas Faisal.

Pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta bernomor urut 5 ini memilih cara yang tidak lazim dalam berkampanye. Keduanya memilih berkunjung ke pasar, stasiun, terminal, dan pusat aktivitas lain untuk menyapa warga dan menyosialisasikan program.

Faisal dan Biem berkeliling Jakarta Selatan dengan menumpang odong-odong. Keduanya berbagi arah, Faisal menyusuri wilayah utara Jaksel dari Stasiun Manggarai, sedangkan Biem memulai dari titik selatan di Pondok Labu.

Dari Stasiun Manggarai, Faisal melanjutkan perjalanan ke Pasar Mampang dan Blok M. Sementara itu, Biem bergerak menuju Pesanggrahan dari arah Pondok Labu. Keduanya kemudian bertemu di titik tengah, Gandaria Tengah, untuk beristirahat sejenak sebelum bersama-sama bergerak lagi menuju Cilandak Town Square (Citos) dan kemudian ke Balai Rakyat Pasar Minggu.

Dalam perjalanan tersebut, keduanya juga menyinggahi enam posko Faisal-Biem yang ada di kawasan selatan Jakarta. "Logika kampanye kita memang berbeda dibanding yang lain. Mungkin karena itu kami pilih jalur independen," tutur Faisal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com